Cara Berasuransi Agar Tidak Merugi ala Lolita Setyawati

Besaran premi ditentukan oleh penyedia asuransi dan disepakati oleh pemegang polis. Besar kecil premi akan ditentukan oleh banyak faktor.
Professional Financial Educator Lolita Setyawati (Foto: Tagar)

Jakarta - Agar mendapatkan perlindungan asuransi, pemegang polis wajib membayar sejumlah premi kepada Penanggung Asuransi. Premi asuransi didefinisikan sebagai sejumlah pembayaran yang ditetapkan untuk biaya pengalihan risiko dari pemegang polis kepada penyedia asuransi.

Besaran premi ditentukan oleh penyedia asuransi dan disepakati oleh pemegang polis. Besar kecil premi akan ditentukan oleh banyak faktor, diantara lain, perlindungan yang diberikan oleh penyedia asuransi, usia tertanggung asuransi, gaya hidup atau rekam medis tertanggung, jenis kelamin, hingga sektor pekerjaan si tertanggung.

Professional Financial Educator Lolita Setyawati menjelaskan bahwa ideal premi asuransi adalah 10% dari penghasilan pertahun contoh kalo sebulan 5 juta berarti setahun 60 Jadi kalau sebulan, maksimal preminya adalah Rp 500 ribu.

“Tapi balik lagi apakah kita membutuhkan asuransi jiwa? Itu kembali lagi ke kondisi masing-masing kalo misalnya kita punya keluarga yang jika kita tinggalkan nanti hidupnya bakal kekurangan berarti itu kita butuh asuransi jiwa, misalnya seperti orang tua yang kita tanggung kemudian anak-anak kalo kitanya ga ada mereka kan pasti butuh biaya hidup dari situlah kita bisa dapat dari asuransi jiwa” ucap Lolita Setyawati.

Perencanaan anggaran tersebut, kata Lolita,  juga dilakukan untuk mengetahui skala prioritas kebutuhan mana yang harusnya dibeli terlebih dahulu dan mana yang bisa ditunda jadi tergantung apa yang dibutuhkan dan kemampuan budget.

"Untuk asuransi kesehatan yang bisa mengcover rawat jalan ada istilahnya yaitu rider dan itu dapat menambah premi, jadi harus dua-dua nya diperhatikan kalo memang kita merasa mampu membayar premi sebesar itu jangan juga dibeli karena sudah sesuai belum dengan kebutuhan kita," ujarnya.[]


(Christina Febrinola)


Baca Juga:

Berita terkait
Bingung Ingin Pilih Mana? Inilah Ragam Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan merupakan sebuah produk finansial berbentuk perlindungan atau proteksi kesehatan, bagi pemegang polis atau peserta asuransi.
5 Tips Saat Ingin Gunakan Asuransi Pensiun
Mari simak, 5 hal yang harus Anda pikirkan saat ingin menggunakan asuransi pensiun pada saat tua nanti.
5 Manfaat Asuransi Kesehatan Hospital Cash Plan
Biaya umum rumah sakit yang dimaksud meliputi obat-obatan, makan, lab, dan lain sebagainya. Santunan yang diberikan juga bersifat harian.
0
Cara Berasuransi Agar Tidak Merugi ala Lolita Setyawati
Besaran premi ditentukan oleh penyedia asuransi dan disepakati oleh pemegang polis. Besar kecil premi akan ditentukan oleh banyak faktor.