Cara Ampuh Hilangkan Bekas Luka Knalpot dengan Bahan Alami!

Luka bakar akibat terkena knalpot biasanya sering meninggalkan bekas luka yang menghitam. Nah berikut cara ampuh menghilangkan dengan bahan alami.
Ilustrasi - Luka bakar terkena knalpot. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Luka bakar akibat terkena knalpot biasanya sering meninggalkan bekas luka yang menghitam, hal itu tentunya akan sangat mengganggu penampilan Anda. Karena untuk mengembalikan kulit Anda pada semula setelah terkena luka bakar dari knalpot membutuhkan waktu yang cukup lama.

Memiliki bekas luka di tubuh yang susah untuk dihilangkan, memang membuat tidak percaya diri. Bekas luka bakar ini bisa mengganggu penampilan dan bahkan merusak rasa kepercayaan diri.

Bekas luka bakar yang ringan tidak bersifat permanen dan dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan tertentu. Namun perlu diingat luka bakar yang parah biasanya permanen.

Untuk menghilangkannya banyak cara yang bisa dilakukan, baik melalui tindakan medis atau dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dikerjakan sendiri di rumah. Berikut ini, beberapa bahan alami yang dapat membantu cara menghilangkan bekas luka terkena knalpot.


1. Timun

Timun merupakan bahan alami yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit, seperti lemon atau jeruk. Bahan alami yang satu ini cocok digunakan seseorang yang memiliki kulit sensitif. Bukan hanya membantu menghilangkan bekas luka, timun dapat digunakan sebagai bahan pencerah dan mengenyalkan kulit wajah.


2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin K dan vitamin E yang baik untuk kulit. Selain kedua vitamin tersebut, minyak zaitun mengandung antioksidan dan asam yang tinggi yang efektif dalam menghilangkan bekas luka. 

Untuk hasil yang maksimal, kamu juga dapat mencampurkan minyak zaitun dengan baking soda. Kemudian, gosokkan perlahan pada area bekas luka. Lakukan secara rutin, agar bekas luka perlahan memudar.


3. Lidah Buaya

Lidah buaya telah digunakan untuk pengobatan medis selama ribuan tahun. Selain itu, lidah buaya dapat membantu penyembuhan luka, termasuk luka bakar dan jenis luka terbuka lainnya.

Gel atau getah dalam lidah buaya juga dapat menghilangkan rasa sakit, bengkak, dan membantu mempercepat proses penyembuhan secara keseluruhan akibat luka bakar.


4. Kentang

Selain berguna untuk menghilangkan kantung hitam mata, kentang juga merupakan bahan alami penghilang luka bekas knalpot. Kentang kaya akan kandungan pati dan enzim pencerah kulit yang membantu menyamarkan bekas luka dan noda.


5. Tomat

Tomat merupakan buah yang dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka knalpot. Tomat banyak mengandung vitamin A, C, E dan K yang sangat berguna untuk proses penyembuhan luka.

Selain itu, kandungan vitamin ini juga disertai dengan senyawa anti-inflamasi yang dapat meringankan rasa sakit akibat luka bakar. Bukan hanya itu, kandungan yang terdapat dalam tomat juga mampu menyamarkan hingga menghilangkan bekas luka.


6. Bawang Putih

Bukan hanya untuk bumbu dapur, khasiat bawang putih ternyata juga mampu menyamarkan bekas luka akibat knalpot lho. Caranya, kalian cukup mengoleskan satu siung bawang putih sekali setiap hari. Dengan begitu, bekas luka akibat knalpot bisa memudar dengan sendirinya.

Itulah sederet cara menghilangkan bekas luka akibat knalpot secara alami. Kalian bisa langsung mencobanya sendiri di rumah lho. Semoga bermanfaat.

(Emilya Rahmawati)


Berita terkait
5 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan
Senyawa asam sitrat pada lemon mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
5 Manfaat Kacang untuk Kesehatan Tubuh
Antioksidan dalam kacang hijau melawan radikal bebas dalam tubuh, dan membantu mengurangi kerusakan sel.
4 Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan Tubuh
Sayuran ini banyak mengandung vitamin seperti vitamin A, B Kompleks, C, E, D, dan K.
0
Cara Ampuh Hilangkan Bekas Luka Knalpot dengan Bahan Alami!
Luka bakar akibat terkena knalpot biasanya sering meninggalkan bekas luka yang menghitam. Nah berikut cara ampuh menghilangkan dengan bahan alami.