5 Manfaat Tomat untuk Dapatkan Wajah Mulus

Rajin mengkonsumsi tomat dapat membuat wajah cerah, bersih, dan mulus, sebab dalam sebuah tomat terkandung banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.
Ilustrasi - Manfaat tomat untuk dapatkan wajah mulus. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Rajin mengkonsumsi tomat dapat membuat wajah cerah, bersih, dan mulus. Karena, perawatan wajah tak hanya diperlukan perawatan dari luar, tapi juga diperlukan perawatan dari dalam. 

Tomat dikenal dengan kandungan likopennya yang tinggi mampu membuat wajah tampak berseri. Selain baik dimakan langsung atau diminum dalam bentuk jus, tomat juga memiliki khasiat jika diaplikasikan langsung pada wajah.

Terdapat beberapa manfaat tomat yang dapat dijadikan sebagai salah satu perawatan wajah adalah sebagai berikut. 


1. Membantu menghilangkan jerawat

Untuk Anda yang masih berperang melawan jerawat, mungkin ini saatnya Anda mencoba bahan alami untuk melenyapkan jerawat di wajah canti Anda.

Anda bisa menggunakan tomat sebagai masker untuk wajah. Cukup haluskan tomat, lalu campur dengan perasan air lemon sebanyak 2 sendok makan. Aplikasikan masker tersebut pada wajah. Karena bahannya alami, kamu bisa menggunakannya setiap hari untuk mempercepat penyembuhan jerawat.


2. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori besar memang membuat wajah jadi kurang cantik untuk dilihat. Nah, untuk menyamarkannya atau bahkan mengecilkannya, kamu bisa menggunakan tomat. 

Caranya, kompres wajah yang telah dibersihkan dengan menggunakan handuk hangat agar pori-pori terbuka dan mudah dibersihkan. Lalu, celupkan kapas pada jus tomat dan oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar selama 10 menit. Bilas dengan air dingin. 


3. Mencerahkan wajah

Tomat dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Oleh karenanya, tomat dikenal ampuh untuk mencerahkan wajah. Caranya pun cukup mudah. Cuci bersih tomat, lalu iris tipis tomat menjadi beberapa bagian. 

Kemudian tempelkan potongan tomat tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15-20 menit agar kandungan tomat meresap ke dalam kulit wajah. Lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.


4. Menangkal radikal bebas

Tomat juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk wajah. Dengan rajin menggunakan tomat sebagai masker, berarti kamu telah melindungi wajah dari berbagai radikal bebas yang dapat memberi pengaruh buruk untuk kulit wajah.


5. Mengurangi Kadar Minyak

Wajah yang berminyak tak hanya bisa menyebabkan jerawat, namun juga membuat wajah terlihat kusam. Untuk membuat kadar minyak di wajah berkurang, kamu bisa menggunakan tomat yang dicampur dengan timun dan diblender hingga halus. Aplikasikan pada wajah selama 30 menit. Bilas dengan air dingin. 

Nah itulah manfaat tomat untuk perawatan wajah yang dapat Anda coba saat di rumah. []

Berita terkait
5 Tips Atasi Tekstur Wajah yang Tidak Rata
Tekstur wajah yang tak merata membuat penampilan menjadi tak menarik dan membuat tidak percaya diri. Berikut tips atasi masalah tersebut.
7 Cara Dapatkan Wajah Glass Skin ala Korea
Tren kecantikan Korea Selatan memang selalu menarik perhatian bagi perempuan-perempuan di seluruh dunia untuk memiliki wajah glass skin ala Korea.
Kenali 5 Jenis Pemijat Wajah Terpopuler
Saat ini banyak beauty tools yang mampu mempermudah perempuan untuk melakukan perawatan wajah tapi beberapa perempuan tidak mengetahui fungsinya.
0
5 Manfaat Tomat untuk Dapatkan Wajah Mulus
Rajin mengkonsumsi tomat dapat membuat wajah cerah, bersih, dan mulus, sebab dalam sebuah tomat terkandung banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.