UNTUK INDONESIA
Cafen'ta di Tobasa, Kafe Menyajikan Kopi & Hasil Tani
Cafenta sendiri adalah kafe yang menyajikan kopi dan hasil tani lain dari para kelompok tani hutan binaan KPH 4 Balige.
Kafen\\'ta yang berada di pinggir Jalinsum Barat di Toba Samosir, Sumatera Utara. (Foto: Tagar/Alex Siagian).

Balige - Hasil pertanian kelompok tani hutan di wilayah kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) 4 Balige, kini memiliki pasar sendiri, sejak diresmikannya Cafen'ta pada Jumat 4 Oktober 2019 oleh Plt Sekretaris Dinas Kehutanan, Yuliani Siregar.

Cafen'ta sendiri adalah kafe yang menyajikan kopi dan hasil tani lain dari para kelompok tani hutan binaan KPH 4 Balige. 

Kafe yang berada persis di pinggir jalan lintas sumatera, Desa Aek Natolu, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, ini diharapkan bisa menjadi rest area bagi para pengendara yang melintasi jalinsum barat.

Tidak hanya menampung hasil pertanian para anggota kelompok tani hutan, tetapi juga akan mendukung perkembangan pariwisata

Selain menyajikan kopi yang diracik oleh barista profesional, kafe ini juga menyediakan perpustakaan mini yang menyajikan berbagai buku bacaan bagi para pengunjung. 

Lokasinya rindang karena dikelilingi puluhan batang pohon berukuran besar. Kafe dibangun dari bahan kayu yang memberi kesan alam.

Leo Arifin Sitorus, Kepala KPH 4 Balige mengatakan, kehadiran Cafen'ta tidak berfokus pada keuntungan, tetapi lebih kepada penampungan hasil karya kelompok tani hutan yang mereka bina selama ini.

Dia optimis bahwa kafe ini akan berkembang. Selain karena lokasinya yang berada di tepi jalan dan cocok sebagai rest area, kafe ini juga terbilang dekat dengan bandara Sibisa dan juga The Caldera Nomadic Toba yang menjadi pusat Badan Otorita Danau Toba.

"Tidak hanya menampung hasil pertanian para anggota kelompok tani hutan, tetapi juga akan mendukung perkembangan pariwisata di wilayah ini. Kita berharap ini akan berkembang," sebutnya.[]

Berita terkait
Sebelumnya Bentrok, Pelajar di Balige Main Game Bareng
Sebelumnya para pelajar ini terlibat bentrok dan adu pukul pada Sabtu 24 Agustus lalu sepulang sekolah.
HKBP Tabur Benih Ikan di Perairan Balige
Penaburan benih ikan diberangkatkan dari dermaga Balige ke Lumban Gaol, Pardede Pasir dan Lumban Bulbul.
Ribuan Warga Balige Tumpah ke Jalan Sambut Jokowi
Kunjungan kerja Presiden RI Ir Joko Widodo di wilayah Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara disambut ribuan warga di dua titik lokasi, Jumat (15/3).
0
Tunggakan BPJS di RSUD Wates Rp 19,4 Miliar
BPJS Kesehatan punya tunggakan di RSUD Wates Rp 19,4 miliar. Rumah sakit ini akhirnya memilih efisiensi anggaran