Toba Samosir, (Tagar News 15/3/2019) - Kunjungan kerja Presiden RI Ir Joko Widodo di wilayah Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara disambut ribuan warga di dua titik lokasi, Jumat (15/3).

Pantauan wartwan Tagar News langsung dari lokasi, selama satu jam Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyapa ribuan warga yang menyemut dan menyambut kehadirannya di Pasar Balige.

Rombongan Jokowi tiba di Pasar Balige sekitar pukul 08.10 WIB, langsung disambut histeris ribuan warga yang menyemut di sepanjang jalan protokol hingga ke dalam pintu masuk Pasar Balige.

Meski mendapatkan pengawalan ketat oleh personil paspampres, namun antusiasme warga untuk menyapa, berjabat tangan, maupun untuk berswafoto dengan sang Presiden, cukup membuat para personil paspampres terlihat kewalahan.

Dalam 20 menit awal kunjungannya, Jokowi yang memasuki kawasan Pasar Balige menyapa sejumlah pedagang dan meladeni keinginan berswafoto bersama mereka.

Lebih dari puluhan pedagang yang berkesempatan mendapatkan sapaan langsung dari sang Presiden beserta Ibu negara Iriana Jokowi.

Walau berdesakan dengan warga yang menyemut, Jokowi terlihat betah menebarkan sapaan maupun seyuman kepada masyarakatnya.

Presiden Jokowi dan Ibu negara Iriana mengakhiri kunjungannya di Pasar Balige sekitar pukul 09.10 WIB, untuk melanjutkan agenda kunjungannya menuju SMKN 1 Soposurung Balige untuk penyerahan Kartu Indonesia Pintar.

Memasuki komplek SMK Negeri 1 Balige Jalan RA Kartini Balige, hal serupa dengan sambutan histeris kaum ibu-ibu. Mencoba menerobos pagar pengamanan Presiden pun untuk menyalam dan berfoto tidak bisa dihindari.

JokowiPresiden Joko Widodo saat membagikan Kartu Indonesia Pintar dan menyapa pelajar yang menerima KIP di SMKN 1 Soposurung, Balige, Sumatera Utara, Jumat (15/3). (Foto: Tagar/Jumpa Manullang)

Memasuki ruang agenda penyerahan Kartu Indonesia Pintar untuk pelajar tingkat SLTA, SMP dan SD di Tobasa, sambutan diawali oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Menteri Pendidikan dan ditutup sambutan sekaligus penyerahan simbolis Kartu Indonesia Pintar oleh Presiden.

Terpantau, ribuan pelajar dan tamu undangan menikmati arahan dan ceramah ketiga pejabat negara tersebut.

Presiden Jokowi menyerahkan secara simbolis KIP kepada perwakilan pelajar tingkat SLTA, SMP dan Sekolah Dasar.

Dengan arahan motivasi, Presiden dengan khas canda tawa turut membawa nuansa akrab bersama ribuan pelajar penerima KIP. Presiden berharap bantuan KIP termanfaat untuk pengembangan diri pelajar jadi pintar.

Tidak luput jadi perhatian Presiden, SMK Negeri 1 Balige diprioritaskan akan mendapat bantuan perangkat peralatan praktikum untuk menopang kemajuan proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

Dipenghujung sambutannya, Presiden Jokowi ingatkan pelajar agar hidup selalu dalam kedisiplinan.

"Saya harap makin rajin belajar, jangan lupa beribadah dan tetap berolah raga agar sehat," tutup Presiden Joko Widodo.

Sekitar pukul 10.05 WIB Presiden diikuti rombongan beranjak melanjutkan kunjungan ke wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan. []