UNTUK INDONESIA
Buru Buronan, KPK Geledah Kantor Advokat di Surabaya
KPK mendatangi kantor advokat di Jalan Prambanan, Surabaya untuk mencari keberadaan buronan mantan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi Abdurachman.
Penyidik KPK saat mendatangi salah satu kantor advokat di Jalan Prambanan 5, Kelurahan Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Selasa 14 Februari 2020. (Foto: Tagar/Haris D Susanto)

Surabaya - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi kantor Advokat di Jalan Prambanan Nomor 5, Kelurahan Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Selasa 25 Februari 2020. Kedatangan KPK tersebut untuk mencari mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi Abdurachman yang masuk dalam daftar pencarian orang atau buronan.

Dari pantauan Tagar, setidaknya ada 10 penyidik KPK datang melakukan sejak pukul 15.30 Wib untuk penggeledahan di kantor advokat tersebut. Kedatangan penyidik KPK tersebut, didampingi anggota polisi.

Iya cuman ini saja, cuman penyidikan biasa saja. Tidak ada masalah yang terlalu serius.

Salah satu staf kantor Advokat Rahmat Santoso Law Firm Timbul yang ditemui Tagar mengaku tidak ada hal serius yang ditanyakan oleh peyidik KPK.

"Iya cuman ini saja, cuman penyidikan biasa saja. Tidak ada masalah yang terlalu serius. Cuman tanya-tanya saja, (soal) pencarian DPO (Nurhadi Abdurachman)," ujarnya.

Timbul mengungkapkan kedatangan KPK di kantornya tidak terlalu lama, karena mengira ada keberadaan Nurhadi.

"Ada 10 personel KPK. Tidak terlalu lama (penggeledahan). Dia cuma menyampaikan saja, dikira DPO ada di sini," ucapnya.

Timbul menegaskan tidak ada sama sekali berkas yang dibawa oleh penyidik KPK. Meski saat penyidik KPK terlihat sebuah koper saat keluar dari kantor advokat tersebut.

"Tidak ada berkas yang dibawa. Engga ada berkas sama sekali," ujarnya.

Sebelumnya, KPK telah memasukkan nama mantan Sekretaris MA Nurhadi Abdurachman dalam daftar buronan bersama Harun Masiku. Nama Nurhadi diduga menerima suap dan gratifikasi dengan nilai Rp 46 miliar terkait penangan perkara di MA.

Setidaknya ada tiga perkara yang terkait Nurhadi, yakni kasus perdata PT MIT melawan PT Kawasan Berikat Nusantara. Selanjutnya, kasus sengketa saham di PT MIT, dan gratifikasi terkait sejumlah perkara di pengadilan. []

Berita terkait
Polda Jatim Akan Tarik Obat Kuat Ilegal di Pasaran
Polda Jawa Timur masih menelusuri peredaran obat kuat ilegal di Jawa Timur yang diproduksi oleh tersangka beriniasial C.
Banjir Jakarta Jadwal 5 Kereta ke Surabaya Terlambat
PT KAI daop 8 Surabaya memastikan jadwal keberangkatan lima KA dari Jakarta mengalami keterlambatan karena banjir yang terjadi di Jakarta.
Tambah Seismograf, BMKG: Informasi Gempa Lebih Cepat
BMKG akan menambah 4 seismograf di Provinsi Jawa Timur agar cepat mendeteksi aadanya gempa yang terjadi di sesar aktif.
0
Pasien Suspek Corona asal Sibolga Meninggal di Medan
Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 asal Kota Sibolga meninggal dunia di Rumah Sakit Martha Friska Medan.