UNTUK INDONESIA
Bupati dan Wabup Dairi Sepakat Damai di Kemendagri
Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan wakilnya Jimmy Andrea Lukita Sihombing, memenuhi undangan Menteri Dalam Negeri.
Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan Wabup Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing melakukan salam komando, menandai perdamaian keduanya disaksikan pejabat Kemendagri di Jakarta, Senin 27 Juli 2020 (Foto: Tagar/Istimewa).

Dairi - Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan wakilnya Jimmy Andrea Lukita Sihombing, memenuhi undangan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melalui Direktur Jenderal Otonomi Daerah Akmal Piliang.

Keduanya hadir di kantor Mendagri pada Senin, 27 Juli 2020. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Eddy-Jimmy diundang untuk hadir di Jakarta melalui telegram bernomor: T.005/3725/Otda tanggal 17 Juli 2020. Undangan itu buntut ketidakharmonisan keduanya.

Rapat fasilitasi penyelesaian permasalahan antara Bupati dan Wabup Dairi diadakan di ruang kerja Dirjen Otda. Sebagaimana salinan berita acara diperoleh wartawan dari seorang pejabat di Jakarta terdapat empat butir isi kesepakatan.

Pertama, bahwa Bupati dan Wabup Dairi sepakat untuk membina hubungan kerja dan komunikasi yang harmonis dalam memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kabupaten Dairi.

Nanti kan dilakukan rilis bupati bersama wakil bupati. Nantilah ya

Kemudian, Bupati dan Wabup Dairi sepakat untuk menciptakan suasana penyelenggaraan pemerintahan yang kondusif di Kabupaten Dairi.

Ke tiga, akan disusun keputusan kepala daerah tentang tugas dan kewajiban pemerintahan lainnya yang diberikan oleh kepala daerah kepada wakil kepala daerah selain sebagaimana dimaksud pada Pasal 66 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014.

Baca juga:

Terakhir, akan dilakukan monitoring dan evaluasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Dairi oleh Inspektorat Jenderal Kemendagri, Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media serta Dirjen Otda.

Selain Bupati dan Wabup Dairi, enam pejabat Kemendagri turut membubuhkan tanda tangan pada berita acara kesepakatan itu. Mereka, Inspektur Jenderal Kemendagri Tumpak Haposan Simanjuntak, Dirjen Otda Akmal Malik, Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga.

Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Ditjen Otda Budi Santosa, Sekretaris Ditjen Otda Didi Sudiana, serta Kepala Sub Direktorat Wilayah Sumatera Direktorat Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Maria Ivonne Tarigan.

Pada gambar yang diperoleh wartawan, Bupati dan Wabup Dairi tampak melakukan salam komando. Pejabat kementerian tampak mengacungkan jempol dan lainnya dengan kepalan tangan.

Jimmy dikonfirmasi wartawan lewat telepon, Senin, 27 Juli 2020 petang, membenarkan adanya penandatanganan kesepakatan itu. Namun, Jimmy tidak bersedia memberi penjelasan lebih jauh. “Nanti kan dilakukan rilis bupati bersama wakil bupati. Nantilah ya,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, ketidakharmonisan keduanya memuncak pada acara pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) di Balai Budaya Sidikalang, Selasa, 7 Juli 2020 lalu. 

Pelantikan belasan kepala dinas itu sempat dihentikan Wabup Dairi karena tahapan seleksi tak melibatkan dirinya, sampai pada undangan pelantikan tidak ada undangan.[]

Berita terkait
Seorang Pensiunan PNS Dairi Positif Terpapar Covid
Seorang warga Desa Tumpak Raja, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, dinyatakan positif terpapar Covid-19.
Pemuda 24 Tahun di Dairi Positif Terpapar Covid-19
Seorang pemuda berinisial PS, penduduk Desa Kuta Gugung, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, terkonfirmasi positif Covid-19.
Wabup Dairi 2 Tahun Tunda Menikahi Boru Ni Tulang
Wakil Bupati Dairi, Jimmy Andrea Lukita Sihombing, yang kini sudah berusia 29 tahun, ternyata telah berencana untuk melepas masa lajangnya.
0
Bupati dan Wabup Dairi Sepakat Damai di Kemendagri
Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan wakilnya Jimmy Andrea Lukita Sihombing, memenuhi undangan Menteri Dalam Negeri.