Buntut Situasi Memanas, Laga PSM vs Persija Ditunda

Buntut dari memanasnya situasi jelang laga leg kedua final Piala Indonesia PSM Makassar kontra Persija Jakarta akhirnya ditunda.
Sebanyak 3.500 personel gabungan TNI dan Polri disiagakan jelang final Piala Indonesia yang mempertemukan PSM Makassar melawan Persija Jakarta dalam laga Final Piala Indonesia 2019 leg keuda di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (28/7/2019). (Foto: Antara/Abriawan Abhe)

Jakarta - Buntut dari memanasnya situasi dan kondisi jelang laga PSM Makassar kontra Persija Jakarta, pertandingan leg kedua final Piala Indonesia tersebut akhirnya ditunda.

Sedianya pertandingan itu bakal digelar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, pada Minggu 28 Juli 2019, mulai pukul 15.30 WIB.

"Atas dasar pertimbangan keamanan dan kenyamanan, laga final kedua Kratingdaeng Piala Indonesia kami tunda," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria di Stadion Andi Mattalatta, dikutip dari situs PSSI, Minggu 28 Juli 2019.

Persija JakartaPemain belakang Persija Jakarta Sandi Darman Sute (kanan) berusaha menghalau bola dari penyerang PSM Makassar Guy Junior (kiri) dalam pertandingan Final Piala Indonesia 2018-2019 leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (21/7/2019). Hasil akhir, Persija Jakarta menang atas PSM Makassar dengan skor 1-0. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat).

Pengumuman itu disampaikan PSSI pada pukul 15.00 WITA oleh perwakilan panitia penyelenggara di depan ratusan suporter PSM yang sudah menanti laga sejak siang hari.

Skuat PSM Makassar sendiri sudah tiba di lokasi sejak pukul 14.38 WITA. 

Keputusan itu disambut dengan negatif oleh suporter PSM Makassar. Salah satu pendukung bernama Haskin menyebut dirinya kecewa lantaran sudah datang dari jauh dan membeli tiket dengan harga mahal.

"Saya datang jauh dari Kabupaten Luwu bersama 150 orang rombongan. Untuk sampai ke Makassar butuh waktu sembilan sampai 10 jam," ujar Haskin kepada Antara.

Suporter PSM MakassarSuporter PSM Makassar menangis usai PSM Makassar dikalahkan Persija Jakarta dalam final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018-2019 leg pertama di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/7/2019). (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

Selain itu, mereka juga membeli tiket dengan harga dua kali lipat dari calo karena penjualan resmi sudah habis.

"Kami berharap ada kejelasan soal tiket apakah bisa digunakan lagi di laga lanjutan atau bagaimana," kata dia.

Sebelumnya rombongan tim Persija Jakarta mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan ketika berada di Makassar jelang leg kedua final Piala Indonesia.

Dua bus pemain Persija dilempari batu oleh sejumlah orang tidak dikenal seusai latihan di Stadion Andi Mattalatta, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 27 Juli 2019.

Pantuan Tagar di lokasi, kejadian bermula saat sejumlah orang tidak dikenal mulai memadati area depan stadion. Rombongan Persija Jakarta yang meninggalkan stadion mendapat sorakan sejumlah orang tidak dikenal dengan nada-nada kasar, bahkan dilempari botol, batu, dan benda-benda lainnya.

Selain itu, selama berada di Kota Makassar, sejumlah orang tidak dikenal meneror lokasi di mana tim Persija Jakarta menginap, yakni di Hotel Horizon, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam leg pertama final Piala Indonesia 2018-2019 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Persija Jakarta tercatat menang 1-0 atas tamunya PSM Makassar.

Laga itu berlangsung penuh gengsi. Meski tensi tinggi, tak ada kericuhan dialami skuad PSM Makassar dan suporter Juku Eja yang bertandang ke home Macan Kemayoran.

Baca juga: 

Berita terkait