UNTUK INDONESIA
Bulog Divre Sumsel Klaim Berasnya Tak Ada yang Busuk
Bulog Divre Sumatra Selatan-Bangka Belitung mengklaim beras di gudang bulog tak ada yang turun mutu atau rusak.
Tumpukkan beras di gudang beras Bulog Divre Sumsel Babel di Palembag. (Foto: Tagar/Yuyun Yunani)

Palembang -  Kepala Badan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumatera Selatan-Bangka Belitung Ali Ahmad Najih Amsari mengklaim beras di gudang bulog tak ada yang turun mutu atau rusak. Karena pihaknya selalu mempercepat penyaluran beras.

“Gak ada itu beras yang turun mutu di gudang bulog kita. Semua beras masih memiliki kualitas yang sangat baik,” kata Ali, Jumat 6 Desember 2019 di Palembang, Sumatera Selatan.

Penyaluran beras secara teratur ke pasar menurut dia, merupkan cara menghindari beras turun mutu.

Cara kita menghindar agar beras tidak turun mutu itu mempercepat penyalurannya dan jangan lama-lama disimpan di dalam gudang sehingga tidak rusak atau busuk,” jelasnya.

Untuk stok beras, sudah kita koordinasikan hasilnya aman

Setiap bulan pihaknya menyalurkan beras dari gudang bulog mencapai lima ribu ton. “Kita lakukan penyaluran setiap bulan dengan rincian lima ribu ton. Biasanya beras turun mutu itu dikarenakan penyalurannya itu yang lama sekitar di atas 6 bulan,” ujarnya.

Disebutkan, selain percepatan penyaluran beras, cara lain untuk mengecek dan memastikan kualitas beras adalah melakukan kerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Kami menyalurkan beras dengan kualitas yang baik dengan dilakukan pemeriksaan rutin bersama BPOM di lapangan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Selatan Iwan Gunawan mengatakan, pemerintah memastikan stok kebutuhan pokok tersedia. Harga tidak melonjak naik, apalagi saat momen hari raya dan hari besar.

"Untuk stok beras, sudah kita koordinasikan hasilnya aman. Stok tersedia, masyarakat tidak usah khawatir. Juga soal harga. Dari pantauan tim kita di lapangan, harga beras di pasaran masih di bawah HET," tandasnya.[]

Berita terkait
Bulog Akan Lelang Beras yang Terancam Busuk
Beras cadangan pemerintah yang tersimpan sejak 2017 mengalami penurunan mutu dan terancam busuk, untuk itu pemerintah berencana untuk melelang.
Beras Sigupai Mulai Langka di Abdya
Beras Sigupai merupakan ikon atau simbol Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Aceh
Cara Mencuci Beras Agar Vitamin B1 Tidak Hilang
Banyak yang termakan mitos (anggapan yang salah) kalau beras tidak dicuci bersih akan mudah basi, sebaliknya mencuci beras membuang vitamin B1
0
Benda Sejarah Mataram Kuno Tercecer di Magelang
Benda sejarah peninggalan Mataram Kuno tercecer di wilayah Magelang. Benda tersebut kini dikumpulkan di Desa Banyuwangi, Bandongan.