Vokasi Kemdikbud

Buku Pedoman Desa Wisata 2021, Sinergitas Pusat dan Daerah Bangun Desa

Terbitnya Buku Pedoman Desa Wisata Tahun 2021 merupakan bentuk sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam membangun desa.
Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo. (Foto:Tagar/kemendagri)

Jakarta - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengungkapkan, terbitnya Buku Pedoman Desa Wisata Tahun 2021 merupakan bentuk sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam membangun desa melalui sektor wisata. Ia menyebutkan, buku tersebut dapat digunakan oleh seluruh pegiat pariwisata di desa dalam mengembangkan usahanya.

“Ada sinergitas antar kementerian sampai tingkat daerah, bagaimana dinas akan bekerja dengan pemerintah desa menemukan suatu pedoman yang seharusnya,” tutur Yusharto pada kegiatan sosialisasi awal terkait Buku Pedoman Desa Wisata Tahun 2021 yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi secara hybrid seperti dikutip Selasa, 8 Juni 2021.

Ada sinergitas antar kementerian sampai tingkat daerah, bagaimana dinas akan bekerja dengan pemerintah desa menemukan suatu pedoman yang seharusnya.

Buku Pedoman Desa Wisata Tahun 2021 sendiri merupakan buah karya dari lintas kementerian dan lembaga yang diprakarsai oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Melalui buku pedoman tersebut, lanjut Yusharto, diharapkan bakal melahirkan berbagai potensi unggul pariwisata di desa.  Di sisi lain, sebagai struktur pemerintahan terbawah, pemerintah desa berperan penting dalam menyokong pertumbuhan ekonomi secara nasional. []

Berita terkait
Ganjar Pranowo Dukung Lahan Tak Produktif di Karanganyar Jadi Desa Wisata
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung pengembangan lahan tidak produktif seluas tiga hektare di Karanganyar, menjadi lokasi desa wisata.
Gus Menteri Imbau Pengelola Desa Wisata Lebih Kreatif dan Aktif di Medsos
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar mengimbau pengelola desa wisata lebih kreatif dan aktif mempromosikan desa wisata di media sosial.
Langkah Menparekraf Pulihkan Desa Wisata
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pihaknya akan menyiapkan langkah-langkah strategis untuk membantu pemulihan desa wisata.
0
Buku Pedoman Desa Wisata 2021, Sinergitas Pusat dan Daerah Bangun Desa
Terbitnya Buku Pedoman Desa Wisata Tahun 2021 merupakan bentuk sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam membangun desa.