UNTUK INDONESIA
BTN Syariah Belum Spin Off dan Tak Dimerger, Tak Ada Modal?
Wakil Direktur Indef Eko Listiyanto menilai BTN Syariah tidak ikut dimerger bank BUMN lainnya karena belum jadi anak usaha BTN dan belum spin off.
Ilustrasi Logo BTN Syariah ke 15 Tahun. (Foto: Tagar/Twitter/@BankBTNSyariah)

Jakarta - Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Eko Listiyanto menilai BTN Syariah tidak ikut digabungkan atau dimerger dengan 3 bank syariah BUMN lainnya karena belum menjadi anak usaha BTN dan belum spin off. Menurut dia, untuk proses spin off sendiri harus memiliki modal yang cukup.

"Iya butuh tambahan modal yang tidak sedikit untuk bisa spin off, seingat ku setidaknya butuh Rp 5 triliun," kata Eko saat dihubungi Tagar, Sabtu, 17 Oktober 2020.

Setahu ku rencana spin off BTN Syariah sudah ada tapi masih beberapa tahun lagi (2023)

Usai spin off, kata Eko, BTN Syariah baru bisa digabungkan dengan tiga bank syariah BUMN yang akan dimerger. Menurut dia, sejauh ini rencana spin off BTN Syariah sudah dipersiapkan.

"Setahu ku rencana spin off BTN Syariah sudah ada tapi masih beberapa tahun lagi (2023)," ucapnya.

Menurutnya, hal tersebut bisa dipercepat dengan tujuan agar modal inti dan aset bank hasil merger tersebut dapat bertambah besar.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana untuk menggabungkan usaha atau merger tiga bank syariah pelat merah pada Februari 2021. Ketiga bank syariah tersebut yakni Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri.

Sementara, Komisaris Independen Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) Muhammad Arief Rosyid menilai rencana penggabungan usaha atau merger tiga bank syariah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan langkah tepat. Menurut dia, ini menjadi angin segar untuk kemajuan ekonomi dan keuangan syariah.

"Langkah yang diambil Erick Thohir adalah sebuah langkah yang tepat dan membawa angin segar untuk kemajuan ekonomi dan keuangan syariah, mengingat sekitar 70 persen kegiatan ekonomi dan keuangan syariah masih di perbankan syariah," kata Arief.[]

Berita terkait
Merger Bank Syariah BUMN, Ini Profil Bank Syariah Mandiri
Kementerian BUMN menyiapkan skema penggabungan usaha atau merger tiga bank syariah yang kemungkinan akan dilakukan pada Februari tahun depan.
Merger Bank Syariah Jadi Angin Segar bagi Perbankan BUMN
Rencana penggabungan usaha atau merger 3 bank syariah BUMN menjadi angin segar untuk kemajuan ekonomi dan keuangan syariah.
Merger Bank Syariah BUMN, Ini Kinerja BRI Syariah
Bank BRI Syariah menjadi salah satu bank syariah BUMN yang akan dimerger oleh Kementerian BUMN. Berikut catatan kinerja Bank BRI Syariah.
0
Antusiasme Jokowi Resmikan Jembatan Ikonik Teluk Kendari
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jembatan Teluk Kendari yang pengerjaannya sejak 2015 lalu. Ini menjadi ikonik sekaligus bermanfaat.