Brokoli, Makanan Super untuk Mengatasi Flu Lebih Cepat

Brokoli adalah asupan makanan yang mengandung sejumlah nutrisi penting yang berperan sebagai antioksidan, anti-inflamasi dan peningkatan kekebalan.
Ilustrasi brokoli meredakan flu dan pilek. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Beberapa buah dan sayuran dikemas dengan nutrisi penting, seperti karbohidrat, mineral, protein, vitamin, omega-3, dan folat yang terkenal dengan khasiat obatnya yang sangat baik untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit dan penyakit secara alami. 

Menurut sebuah penelitian, sayuran silangan seperti brokoli adalah asupan makanan yang menuhi kandungan nutrisi penting seperti yang disebutkan diatas. Brokoli mengandung 4 vitamin (C, A, E, K), mineral (termasuk selenium, seng dan besi), serta polifenol (termasuk quercetin, isorhamnetin dan glukosida). Sejumlah nutrisi tersebut berperan penting sebagai antioksidan, anti-inflamasi, dan peningkatan kekebalan tubuh yang kuat.

Virus yang membawa penyakit akan lebih mudah masuk ke tubuh kita ketika kekebalan tubuh kita lemah, salah satu penyakit yang paling umum terjadi adalah flu yang gejalanya termasuk demam, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala . Brokoli dianggap sebagai makanan super untuk mengatasi flu dalam waktu singkat. Dilansir dari Boldsky, inilah sejumlah manfaat brokoli untuk flu.


Brokoli untuk flu biasa

Flu biasa adalah penyakit virus yang umum terjadi. Mayoritas masuk angin disebabkan oleh rhinovirus, sejenis virus yang juga dapat memperburuk kondisi penderita asma dan penderita penyakit paru obstruktif kronik. Tidak ada obat yang disetujui FDA untuk mengobati infeksi rhinovirus. Obat-obatan tersedia hanya untuk menurunkan gejala dan meningkatkan kekebalan.

Fitokimia bioaktif yang diturunkan dari tumbuhan memiliki potensi terapi antioksidan dan anti-inflamasi bagi manusia. Quercetin, flavonol nabati diketahui dapat mengurangi viral load dengan menghambat replikasi virus di sel epitel saluran udara dan mencegah kemacetan saluran udara. Quercetin juga dikenal untuk menurunkan ekspresi sitokin pro-inflamasi dan meningkatkan fungsi paru-paru.

Brokoli adalah sumber quercetin yang kaya sehingga dapat membantu mengobati infeksi rhinovirus. Perlakuan awal dengan makanan super ini juga dapat membantu memblokir endositosis rhinovirus, atau dikatakan mengurangi partikel virus atau genom yang masuk ke dalam sel manusia pada saat infeksi.

Studi lain berbicara tentang keberadaan vitamin C dalam brokoli, yang merupakan vitamin antioksidan kuat. Vitamin ini bersama dengan vitamin E, A dan K dan beta karoten menyebabkan efek perlindungan pada tingkat sel dan mengurangi risiko pilek dan penyakit lainnya. 


Brokoli untuk flu berat

Flu disebabkan oleh virus influenza yang dapat berlanjut hingga komplikasi parah seperti pneumonia. Meskipun ada vaksin dan obat antivirus untuk flu, mutasi virus dan resistansi terhadap obat adalah penyebab virus masih lazim di seluruh dunia.

Flu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang dan menyebabkan banyak ketidaknyamanan. Selain itu, flu, tidak seperti flu biasa yang kebanyakan terjadi selama musim dingin, dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun. Inilah mengapa menjaga kekebalan yang baik sepanjang tahun sangat penting dengan konsumsi makanan bergizi seperti brokoli.

Brokoli yang dikukus atau dimasak dapat membantu mengurangi gejala flu hanya dalam beberapa hari. Ini adalah sumber sulforaphane yang secara efektif dapat mengurangi peradangan hidung dan mencegah replikasi virus. Juga, glukorafanin, prekursor sebelumnya memiliki perlindungan terhadap banyak kondisi kronis dan infeksi.

Brokoli diperkaya dengan vitamin K, folat, dan antioksidan, yang semuanya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan untuk melawan agen penyebab penyakit dengan lebih efisien. Kesimpulannya, brokoli bisa mengurangi gejala flu secara alami.

Pada intinya, pola makan berperan penting dalam mencegah penyakit kronis maupun penyakit jangka pendek. Brokoli sebagai makanan super dapat membantu mencegah  flu karena kandungan nutrisinya yang sangat besar. Namun, itu hanya faktor kecil dalam mengobati kondisi tersebut karena faktor gaya hidup lain seperti olahraga dan konsumsi buah dan sayuran lain juga memainkan peran penting.


Berita terkait
Manfaat Makan Sayur Brokoli untuk Kesehatan Tubuh
Mengonsumsi brokoli setiap hari nyatanya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat mengonsumsi brokoli secara rutin.
Kenapa Brokoli Kurangi Risiko Kanker Usus?
Kenapa brokoli kurangi risiko kanker usus? Ini penjelasan ilmiahnya.
8 Makanan Terbaik untuk Meredakan Flu
Tak hanya meredakan gejala yang muncul, jenis makanan ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan Anda dari sakit flu.
0
Kementerian ATR/BPN Dorong Pendaftaran Tanah di Flores
Kementerian ATR/BPN menyampaikan pentingnya pendaftaran dan pemetaan tanah masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).