UNTUK INDONESIA
BPS Aceh Mulai Data Penduduk Untuk Tahun 2020
Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh berencana melaksanakan sensus penduduk pada tahun 2020.
Audiensi BPS Aceh bersama Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Banda Aceh. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh – Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh berencana melaksanakan sensus penduduk pada tahun 2020.

Kepala BPS Aceh, Wahyudin mengatakan BPS ditugaskan oleh pemerintah untuk melaksanakan sensus penduduk tahun 2020. Nantinya, kata dia, data kependudukan pada tahun 2020 itu akan digunakan pemerintah sebagai landasan merumuskan kebijakan pembangunan.

Pelaksanaan Sensus Penduduk pada bulan Februari 2020, ujar Wahyudin, sedikit berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya (Sensus Penduduk 2010). Sensus kali ini akan menggunakan metode digitalisasi, dimana masyarakat dapat mengupdate datanya sendiri di website yang telah disediakan.

"Pada bulan juli, kita akan melakukan pendataan metode lain (tradisional). Karena tidak semua orang bisa mengakses internet," kata Wahyuddin, Minggu 25 Agustus 2019 di Banda Aceh.

Wahyuddin mengatakan untuk menyukseskan sensus tersebut, pihaknya kini gencar melakukan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat bahwa ada sensus pada tahun 2020.

Sementara Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyambut baik rencana tersebut. Pihaknya, siap memberi dukungan berupa imbauan kepada seluruh masyarakat untuk mensukseskan program 10 tahunan BPS itu.

 "Sensus itu memang merupakan kebutuhan semua orang," kata Nova singkat.[]

Baca juga:

Berita terkait
Perusuh Konser Base Jam di Banda Aceh Dilepaskan Polisi
Polresta Banda Aceh menangguhkan penahanan satu pelaku pembubaran paksa konser musik grup band Base Jam.
Polda Sumut Kejar Bandar Narkoba Pelaku Pencucian Uang
Kepolisian selalu melakukan pengembangan setiap melakukan penangkapan peredaran narkoba, terhadap dugaan kejahatan pencucian uang.
PUPR Percepat Pembangunan Underpass Bandara Yogyakarta
Kementerian PUPR terus mempercepat penyelesaian pembangunan underpass Bandara Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA).
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.