BPOM: Vaksin Moderna Belum Bisa Dipakai untuk Anak

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan bahwa vaksin Covid-19 Moderna asal Amerika Serikat belum bisa digunakan terhadap anak usia di bawah 18 tahun.
Ilustrasi - Vaksinasi anak-anak. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito mengatakan bahwa vaksin Covid-19 Moderna belum bisa digunakan terhadap anak usia di bawah 18 tahun. Pasalnya vaksin asal Amerika Serikat (AS) tersebut baru saja mendapat izin penggunaan darurat.

"Moderna belum bisa untuk anak di bawah 18 tahun. Ini untuk di atas 18," Kata Penny saat menyampaikan keterangan pers secara daring, Jumat, 2 Juli 2021.

Penny juga mengatakan Moderna belum dilakukan uji klinis terhadap anak di bawah usia 18 tahun. Meski begitu vaksin ini aman digunakan terhadap warga lanjut usia di atas 65 taun.


Dosis kedua bisa diberikan satu bulan setelah suntikan pertama.


"Tapi ini bisa digunakan untuk lansia," ujarnya.

Moderna, lanjut Penny, bisa disuntikan kepada warga yang memiliki riwayat penyakit bawaan, seperti penderita paru-paru kronis, jantung, diabetes, obesitas, HIV hingga liver.

Penggunaan vaksin sendiri akan dibagi dalam dua tahap suntik. Jangka waktu antara dosis pertama dan kedua diberikan dalam rentang waktu satu bulan.

"Dosis kedua bisa diberikan satu bulan setelah suntikan pertama," katanya. 

Pemerintah mulai gencar mencanangkan vaksinasi Covid-19 terhadap anak. Jumlah kasus Covid-19 pada anak yang terus meningkat.

Hingga kini, vaksinasi Covid-19 bagi anak umur 3 -11 tahun masih menunggu hasil kajian untuk menilai keamanan dan dosis dengan jumlah subjek yang memadai. []

Berita terkait
BPOM Terbitkan Izin Darurat Pemakaian Vaksin Sinopharm
BPOM umumkan secara resmi bahwa lembaganya telah keluarkan izin pemakaian darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Sinopharm
Alasan BPOM Keluarkan Izin Darurat Vaksin Sinovac
BPOM ungkap alasan mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin virus Covid-19 meski uji klinis fase III belum usai.
Datangi BBPOM Semarang, Ombudsman Ingatkan Limbah Vaksin
Ombudsman Jateng mendatangi BBPOM Semarang guna memastikan jalannya pengawasan terkait vaksin Covid-19, termasuk pengelolaan limbah vaksin.
0
BPOM: Vaksin Moderna Belum Bisa Dipakai untuk Anak
Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan bahwa vaksin Covid-19 Moderna asal Amerika Serikat belum bisa digunakan terhadap anak usia di bawah 18 tahun.