Bosen Baca Komik di Buku? Berikut 4 Aplikasi Baca Komik Digital

Perkembangan webtoon atau komik digital terus tumbuh dengan pesat. Tidak hanya di luar negeri, namun juga di Indonesia. Nah, ini aplikasinya.
Ilustrasi - Webtoon digital. (Foto: Tagar/Pexels/@kakaopageindo)

Jakarta - Seiring dengan perkembangan zaman, kini segala hal umum yang bersifat tradisional terus mengalami perubahan dan bergeser ke arah yang lebih modern. Pergeseran ini tidak hanya terjadi di lingkup media massa saja, namun juga terhadap dunia komik.

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan webtoon atau komik digital terus tumbuh dengan pesat. Tidak hanya di luar negeri, namun juga di Indonesia. Bahkan, ada beberapa platform membaca webtoon karya anak bangsa yang hadir memberikan kemudahan bagi para pembacanya dengan segala fitur menarik.

Melihat peluang pasar yang besar tersebut, kini ada banyak platform webtoon menarik yang hadir di tengah masyarakat. Menawarkan bermacam genre serta dikenal lebih efisien dan simple, berikut rekomendasi 4 aplikasi baca komik digital secara online yang bisa kamu baca kapan pun dan di mana pun.


1. LINE Webtoon

Tersedia di iOS dan Android, LINE Webtoon merupakan salah satu aplikasi membaca komik digital secara online yang sangat populer di kalangan anak milenial. Baik di tempat asalnya, Korea, maupun negara-negara lain, seperti Thailand dan Indonesia.

Tersedia dalam beragam bahasa, LINE Webtoon menawarkan berbagai genre yang menarik untuk dibaca, seperti horor, fantasi, romansa, aksi, hingga slice of life. Bahkan, aplikasi ini juga menghadirkan fitur membaca offline yang akan sangat membantu jika kamu ingin membaca webtoon tanpa kuota internet.


2. Mangatoon

Tidak hanya manhwa, di Mangatoon kamu juga akan menemukan manga dan manhua yang memiliki style art beragam. Bahkan, aplikasi ini juga menghadirkan genre bacaan novel dan anime yang bisa menjadi keunggulan dari aplikasi-aplikasi lain.

Menawarkan genre romansa, komedi, petualangan, dan lain sebagainya, Mangatoon juga menghadirkan fitur membaca offline yang dapat kamu baca kapan saja dan di mana saja.


3. Comica

Didominasi oleh genre romansa, Comica menjadi salah satu aplikasi webtoon yang patut kamu coba karena memiliki interface grafis yang indah dan beragam.

Memiliki jadwal unggahan setiap harinya, kamu dapat membaca lebih dari 100 koleksi komik terbaru yang menarik dan mengasyikkan. Bahkan, kamu juga bisa membaca ulang dan mengetahui halaman terakhir dari komik-komik yang telah dilihat sebelumnya berkat adanya fitur bookmark.


4. KakaoPage

Enggak mau kalah dengan LINE Webtoon, Kakao Corp juga ikut meluncurkan platform penyedia berbagai genre konten webtoon bernama KakaoPage pada tahun 2013 lalu.

Sama seperti aplikasi webtoon lain, KakaoPage juga menghadirkan genre-genre webtoon populer serta peringkat judul-judul webtoon terbaik yang tentunya memiliki visual indah dan memesona.

(Eka Cahyani)



Berita terkait
Cara Baca Legal dan Global Komik Attack on Titan chapter 139
Para penggemar dapat membacanya secara legal dan global di sejumlah situs resmi yang menerbitkan Attack on Titan chapter 139.
Spoiler Komik Manga AoT Chapter 138, Dapat Dibaca di Crunchyroll
Komik manga Shingeki no Kyojin alias Attack on Titan (AoT) Chapter 138 akan dirilis pada Selasa, 9 Maret 2021 mendatang
Baca Gratis dan Legal Komik One Piece 1004 di Manga Plus
Komik manga One Piece chapter 1004 dapat dibaca secara gratis dan legal di laman MangaPlus.
0
Bosen Baca Komik di Buku? Berikut 4 Aplikasi Baca Komik Digital
Perkembangan webtoon atau komik digital terus tumbuh dengan pesat. Tidak hanya di luar negeri, namun juga di Indonesia. Nah, ini aplikasinya.