Bos Amazon Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Dunia

Pendiri raksasa e-commerce Amazon.com Jeff Bezos mengalami lonjakan kekayaan bersih hingga mencapai 202 miliar dolar AS atau Rp 2,955 triliun.
Pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos. (Foto: Forbes)

Jakarta - Pendiri raksasa e-commerce Amazon.com Jeff Bezos mengalami lonjakan kekayaan bersih hingga mencapai 202 miliar dolar Amerika Serikat (AS), atau sekitar Rp 2,955 triliun, angka yang belum pernah dicapai oleh siapa pun. 

Kondisi itu karena didorong harga saham Amazon yang melonjak hampir 3 persen pada Rabu (26/8/2020), dikutip dari Financial Express, seperti dilansir Antara, Jumat, 28 Agustus 2020.

Harga saham Amazon yang melonjak tersebut tidak hanya memperkaya Bezos, tetapi juga mantan istrinya, MacKenzie Scott, yang kini menjadi orang terkaya ke-13 di dunia dengan kekayaan bersih 66,2 miliar dolar AS. 

Amazon.com mengalami pertumbuhan penjualan, karena pelanggan beralih ke belanja online selama pandemi virus corona Covid-19. Menurut daftar miliarder Forbes dan Bloomberg, kekayaan bersih Jeff Bezos meningkat 5,3 miliar dolar AS. 

Dengan lonjakan saham yang terjadi baru-baru ini, bos Amazon itu saat ini memimpin daftar orang kaya setidaknya 80 miliar dolar AS di depan pendiri Microsoft Bill Gates. 

Tahun ini, kekayaan bersih Bezos naik sebesar 87 miliar dolar AS, sementara Bill Gates menambahkan 11 miliar dolar AS. Amazon pada kuartal kedua tahun ini melaporkan lonjakan pendapatan menjadi 88,91 miliar dolar AS. 

Penjualan tumbuh di tengah penutupan toko guna mencegah penyebaran virus corona. Penjualan bahan makanan secara online di Amazon tercatat meningkat tiga kali lipat dibanding tahun lalu pada kuartal April-Juni. 

Sejak awal tahun ini, harga saham Amazon.com naik 82 persen 1.898 dolar AS per saham ditutup pada 3.441 dolar AS pada Rabu (26/8). Amazon telah meningkatkan operasi dan memperluas kapasitas untuk menangani lebih banyak permintaan karena pandemi. 

Sementara itu, bos Tesla, Elon Musk juga merayakan pencapaian pada Rabu (26/8/2020), karena kekayaan bersihnya mencapai 101 miliar dolar AS, menjadikannya orang keempat terkaya di dunia. Saham Tesla naik lebih dari 6 persen selama sesi perdagangan Rabu (26/8), yang mendorong kekayaan Musk. 

Pada 2020, Musk sejauh ini telah menambahkan 73,6 miliar dolar AS ke dalam pundi-pundi kekayaannya karena harga saham naik 400 persen. Selanjutnya, tokoh bisnis India, pemimpin, direktur pengelola dan pemilik saham terbesar di Reliance Industries, Mukesh Ambani duduk di posisi ke tujuh orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih 81 miliar dolar AS.[]

Berita terkait
Amazon Meluncurkan Apotek Online di India
Amazon meluncurkan apotek internet di India. Hal ini menandai raksasa ritel online berbasis di AS itu masuk ke pasar obat daring di negara itu.
Amazon Beli Startup Teknologi Swakemudi US$ 1,2 M
Amazon mengakuisisi perusahaan rintisan teknologi swakemudi, Zoox dengan nilai transaksi diperkirakan mencapai US$ 1,2 miliar.
Segini Bocoran Harga PlayStation 5 di Amazon.com
Berdasarkan bocoran dari situs Amazon Inggris, PlayStation 5 dibanderol dengan harga 599 pound sterling atau sekitar Rp 10 jutaan.
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.