UNTUK INDONESIA
Borneo FC vs Persipura, Berebut Kado Ulang Tahun
Persipura Jayapura dan Borneo FC berebut kemenangan untuk menjadikannya sebagai kado di hari jadi. Duel kedua tim tersaji di Samarinda, sore ini.
Persipura Jayapura dan Borneo FC berebut kemenangan untuk menjadikannya sebagai kado di hari ulang tahun. Duel kedua tim tersaji di Shopee Liga 1 2020 di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu, 7 Maret 2020. Tampak pemain Persipura menjalani latihan. (Foto: Persipura Jayapura)

Jayapura - Persipura Jayapura dan Borneo FC berebut kemenangan untuk menjadikannya kado di hari jadi. Duel di ajang Shopee Liga 1 2020 itu tersaji di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu, 7 Maret 2020. 

Duel dari dua tim yang sama-sama ditangani pelatih asal Brasil dan termotivasi untuk memenangkannya. Terutama Borneo FC yang membidik kemenangan pertama setelah dipaksa menyerah 3-2 oleh Persija Jakarta. Apalagi klub tengah merayakan hari jadi. 

Ya, Borneo FC merayakan hari jadi ke-6 sejak berdiri pada 7 Maret 2014. Sementara, Kota Jayapura, asal klub Persipura, hari inigenap berusia 110 tahun.

Kami tahu tidak mudah mendapatkan poin di Samarinda. Tetapi kali ini kami optimistis menghadapi laga ini

Hanya, Borneo FC memang sedikit diuntungkan di laga tersebut. Mereka bermain di kandang sendiri dan sudah pasti mendapat dukungan penuh Pusamania, suporter fanatik Borneo FC.

Asisten pelatih Borneo FC, Ahmad Amiruddin mengatakan tim bakal tampil lebih maksimal sekaligus merebut tiga poin pertama. Dia berharap mereka bisa menebus kegagalan di laga perdana di Jakarta.

"Ini pertandingan kandang pertama kami. Pemain akan sangat antusias meraih kemenangan pertama di musim ini," kata Amiruddin, Jumat, 6 Maret 2020.

Persipura juga menunjukkan ketidakgentarannya menghadapi Borneo FC. Apalagi, tim Mutiara Hitam memiliki modal bagus. Mereka meraih kemenangan meyakinkan 2-0 atas PSIS Semarang di laga pertama. Kemenangan yang membawa Persipura ke papan atas klasemen sementara. 

Menariknya, pelatih Jacksen F. Tiago memboyong semua pemain asuhannya ke Samarinda, termasuk Marinus Manewar dan Fridolin Yoku yang masih cedera dan dalam proses perawatan. Kehadiran pemain yang tidak turut bermain untuk menguatkan tim yang berlaga. Mereka juga bisa merayakan suka-cita saat tim memberi kado kemenangan bagi Kota Jayapura.

"Kami datang ke sini (Samarinda) untuk menang. Meski bukan perkara mudah, tapi semoga kemenangan 2016 lalu bisa terulang," kata Jacksen. 

Jacksen Akui Tak Mudah Raih Poin di Samarinda

Pelatih yang pernah menangani tim nasional Indonesia ini mengakui tak mudah meraih poin di Samarinda. Persipura terakhir kali meraih kemenangan di kandang Borneo saat tampil di Indonesia Soccer Championship 2016. Saat itu, mereka menang telak 3-0. 

Namun pada tahun-tahun berikutnya, Persipura hanya bisa memaksakan imbang 1-1 pada dua laga di kandang Borneo dan sekali kalah 2-1. Hanya, motivasi Sylvano Comvalius dkk memang sedang tinggi, terutama setelah menang atas PSIS. Kemenangan atas Borneo FC juga membuka peluang bagi Persipura merebut posisi puncak klasemen. 

"Kami tahu tidak mudah mendapatkan poin di Samarinda. Tetapi kali ini kami optimistis menghadapi laga ini. Yang penting yang selalu saya katakan kepada pemain agar tetap waspada terhadap pergerakan pemain lawan,” ujarnya.

Dari skema yang digelar dua tim ini, penguasaan bola di lini tengah akan menjadi penentu. Pelatih Borneo FC, Edson Tavares akan memakai skema 4-3-3. 

Sementara, Jacksen menerapkan skema 4-2-3-1 yang bertumpu pada kekuatan di sektor tengah. Gelandang Takuya Matsunaga dan Muhammad Tahir diplot untuk menutup ruang gerak lawan dan memutus rantai serangan tuan rumah. Disambut lagi serangan balik mengedepankan kecepatan sang kapten Boaz Solossa dan bintang muda Papua, Todd Rivaldo Ferre.

Persipura sendiri menempati peringkat ke empat pada klasemen sementara Liga 1 2020, dengan torehan tiga poin. Sementara Borneo FC berada di peringkat 13 usai dikalahkan Persija Jakarta. Pertandingan tersebut berlangsung pada pukul 17.30 waktu Kalimantan atau 15.30 WIB.

Prakiraan Susunan Pemain:

Borneo FC (4-3-3): 
Gianluca Pandenuwu-Diego Michels, Javlon Guseynov, Andika Kurniawan, Kevin Gomes, Nuriddin Davronov, Sultan Samma, Dedi Hartono, Guy Junior, Diogo Campos, Fransisco Wagsley

Pelatih: Edson Tavares

Persipura Jayapura (4-2-3-1): Dede Sulaiman-Tinus Pae, Israel Wamiau, Arthur Cunha, David Rumaklek, Takuya Matsunaga, Muhammad Tahir, Boaz Solossa, Todd Rivaldo Ferre, Thiago Amaral, Sylvano Comvalius 

Pelatih: Jacksen F Tiago []

Berita terkait
Alasan Persipura Bermarkas di Stadion Klabat Manado
Persipura Jayapura dipastikan bermarkas di Manado selama satu musim dan menggunakan Stadion Klabat untuk menjamu lawannya di Liga 1 2020.
Di Balik Kemenangan Persipura Kontra PSIS di Manado
Persipura Jayapura merasa nyaman bermain di Manado dan meraih kemenangan mengesankan 2-0 atas PSIS di laga perdana Liga 1 di Stadion Klabat.
Persija Jakarta Patahkan Rekor Buruk Lawan Borneo FC
Persija Jakarta menaklukkan Bornoe FC 3-2 di laga perdana Liga 1 2020. Pemain debutan Osvaldo Haay dan Evan Dimas menyumbang gol di laga itu.
0
Pengakuan Menantu Bunuh Sadis Mertua‎ di Pemalang
Pembunuhan menantu terhadap mertua di Pemalang terungkap jelas. Sang menantu akhirnya membeber penyebab ia menggorok leher mertuanya.