UNTUK INDONESIA

Boeing Amerika Serikat Akan Hentikan Produksi Boeing 747

Boeing akan akhiri produksi pesawat dua tingkat 747 setelah 50 tahun beroperasi, lebih 1.500 pesawat diproduksi sebanyak 450 unit masih terbang
Perakitan ulang (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Boeing akan mengakhiri produksi pesawat dua tingkat 747 setelah 50 tahun beroperasi. Lebih dari 1.500 pesawat telah dibuat dan sebanyak 450 unit di antaranya masih terbang yang dioperasikan maskapai di banyak negara. Nik Martin menuliskannya untuk dw.com/id yang dilansir Tagar.

ikon pesawatIkon pesawat jarak jauh berhenti produksi (Foto: dw.com/id)

Ikon pesawat jarak jauh berhenti produksi. Selama lima dekade terakhir, pesawat jumbo jet Boeing 747 telah berkontribusi merevolusi perjalanan udara global. Penemuan besar ini membantu penumpang dengan mudah melakukan perjalanan jarak jauh dan kemudian terhubung ke bandara regional dengan pesawat yang lebih kecil.

perkembanganPerkembangan Boeing terganggu krisis minyak (Foto: dw.com/id)

Perkembangan Boeing terganggu krisis minyak. Jumbo jet berbadan lebar itu mulai beroperasi pada 21 Januari 1970. Maskapai penerbangan AS Pan Am membeli 25 unit pesawat dan dapat melakukan perjalanan komersial pertama dari New York ke London. Namun tak lama setelah diluncurkan, terjadi resesi parah dan krisis minyak pada tahun 1973 hingga pesanan jet dihentikan.

bepergianBepergian dengan penuh gaya (Foto: dw.com/id)

Bepergian dengan penuh gaya. Boeing 747 tidak hanya dipuji karena inovasi teknisnya, tetapi juga tampilan fisiknya yang terkesan glamor. Dengan panjang lebih dari 70 meter dan lebar sayap hampir 60 meter, Boeing menawarkan ruang untuk 366 hingga 550 penumpang, tergantung pada pengaturan kursi.

kecelakaanKecelakaan dan pembajakan merusak reputasi (Foto: dw.com/id)

Kecelakaan dan pembajakan merusak reputasi. Pada Desember 1988 sebanyak 270 orang tewas di Lockerbie, Skotlandia, saat sebuah bom meledak pada penerbangan Pan Am 103. Pada tahun 1986 juga terjadi pembajakan pesawat Pan Am oleh empat pria Palestina yang diterbangkan menuju Frankfurt. Gambar di atas adalah puing-puing dua pesawat Boeing 747 yang bertabrakan pada Maret 1977 di bandara Tenerife, menewaskan 583 penumpang dan awak.

perakitanPerakitan ulang (Foto: dw.com/id)

Perakitan ulang. Edisi terbaru seri 747-8, diluncurkan pada 2012. Unit 8 Intercontinental pertama dikirim ke maskapai asal Jerman, Lufthansa. Pesawat ini mampu mengangkut 467 penumpang dan memiliki daya jelajah hingga 14.310 kilometer. Seri ini juga tersedia untuk digunakan pemerintah dan militer, termasuk Air Force One untuk presiden AS.

bak dinosaurusBak dinosaurus terbang (Foto: dw.com/id)

Bak dinosaurus terbang. Seperti Airbus A380 yang memiliki ukuran lebih besar, Boeing 747 tidak lagi memenuhi persyaratan ekonomi. Maskapai lebih suka pesawat jarak jauh bermesin ganda seperti A350 atau Boeing 777 dan 787. Pada tahun lalu, hanya sekitar 20 pesanan untuk Boeing 747, yang seluruhnya digunakan untuk pengangkutan barang. (Ed: ha/rap)/dw.com/id. []

Berita terkait
Uji Penerbangan Boeing 737 MAX yang Sudah Diperbarui
Dua kecelakaan pesawat Boeing 737 MAX di Indonesia dan Etiopia membuat pesawat itu dilarang terbang sejak Maret 2019
Boeing 737 Max Mulai Ada yang Pesan Pasca Kecelakaan
Boeing Co telah menerima pesanan pertamanya untuk pesawat B-737 Max, sejak regulator penerbangan AS melarang terbang pasca dua kecelakaan fatal.
Imbas Corona, Boeing Butuh Banyak Pinjaman
Pabrikan pesawaat Amerika Serikat, Boeing Co membutuhkan banyak pinjaman untuk memulihkan likuditas yang terimbas pandemi virus corona Covid-19.
0
Boeing Amerika Serikat Akan Hentikan Produksi Boeing 747
Boeing akan akhiri produksi pesawat dua tingkat 747 setelah 50 tahun beroperasi, lebih 1.500 pesawat diproduksi sebanyak 450 unit masih terbang