UNTUK INDONESIA
Boba Segar Tapi Punya Efek Parah Bagi Tubuh
Pelengkap minuman manis seperti bubble atau dikenal dengan sebutan boba sangat nikmat dikonsumsi, tetapi punya efek buruk bagi tubuh.
Ilustrasi boba atau bola tapioka. (Foto: Antara/Shutterstock)

Jakarta - Pelengkap minuman manis seperti bubble atau dikenal dengan sebutan boba yang terbuat dari tapioka tidak menyebabkan batu ginjal, namun berpotensi pada penyakit lainnya, misalnya pencernaan.

Ahli gizi/dietcian Pafitri mengatakan boba jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar tidak menyebabkan efek samping. Sebab, boba merupakan jenis pati resistan yang bisa meningkatkan serat pangan.

"Enggak (penyebab batu ginjal), enggak sampai ke situ. Tapi lebih ke masalah pencernaan. Jadi mungkin dia lebih ke mengalami sembelit atau begah, karena dia kan lebih sulit dicerna tapi kalau wajar enggak apa-apa," ujar Pafitri ditemui saat peluncuran Buba Soul di Jakarta, Kamis, 27 Februari 2020, seperti diberitakan Antara.

Anak-anak dan lansia harus diwaspadai karena bubble-nya yang kenyal itu kadang-kadang sulit dicerna.

Dia mengajak masyarakat mengonsumsi boba dengan kadar yang wajar dan tidak berlebihan untuk menghindari efek buruk yang akan terjadi.

"Dia kan jenis pati resistan, jadi kalau dikonsumsi bagus, kalau berlebihan jadi tidak baik. Ya kan segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik," ucap Pafitri.

Pafitri menganjurkan mengonsumsi minuman boba hanya satu sampai dua gelas saja dalam sebulan. Namun, anak-anak dan lanjut usia (lansia) harus menghindari minuman tersebut.

"Anak-anak dan lansia harus diwaspadai karena bubble-nya yang kenyal itu kadang-kadang sulit dicerna. Karena kadang-kadang anak sudah besar tapi kemampuan mengunyahnya belum bagus," tutur Pafitri.

Dalam setiap 500 mililiter minuman boba mengandung 500-800 Kal atau sekira dua sampai lima piring nasi putih 100 gram. Jadi, jika diminum secara terus-menerus bisa memicu penyakit seperti hipertensi, diabetes, jantung dan kanker. []

Baca juga:

Berita terkait
Kawa Daun Tanah Datar Minuman Populer Indonesia
Kawa daun Tanah Datar terpilih menjadi minuman terpopuler kedua di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.
Mengenal Perbedaan Espresso dan Tiga Kopi Kekinian
Kebanyakan orang tidak mengetahui perbedaan kopi kekinian seperti espresso hingga mochaccino. Berikut penjelasannya.
Lima Minuman Alami Pembersih Ginjal
Lima minuman alami yang dapat dikonsumsi di rumah untuk membantu membersihkan ginjal.
0
Viral Bayi dalam Kardus Ditinggal Ibunya di Taput
Warga Desa Panaiaran di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, digegerkan penemuan bayi laki-laki yang diletakkan di pinggir jalan.