UNTUK INDONESIA

BMKG: Tujuh Daerah Kategori Waspada Banjir di Sulsel

BMKG memprediksi tujuh daerah di wilayah Sulawesi Selatan berpotensi dilanda cuaca ekstrem. Ini ke tujuh daerah tersebut.
Ilustrasi cuaca ekstrem. (Foto: Tagar/Pixabay)

Makassar - Badan Meteorolgi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

Prakirawan BMKG Kota Makassar bahkan mencatat dari 24 kabupaten/kota di Sulsel ada 17 daerah yang tercatat berstatus siaga terkait cuaca ekstrem. Sementara tujuh daerah lainnya masuk kategori waspada potensi banjir.

Kalau di Sulsel dampaknya kan ada tingkatannya yakni siaga dan waspada dan yang siaga ini yang harus diperhatikan.

"Ada daerah yang sudah diberikan warning. Itu berdasarkan signature atau prakiraan cuaca berbasis dampak," kata Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Nur Asia.

BMKG memetakan daerah mana saja di Sulsel yang masuk kategori siaga, yakni Luwu Utara, Luwu Timur, Kota Palopo, Toraja Utara, Tana Toraja, Barru, Soppeng, Sidenreng.

Selanjutnya, Kota Parepare, Wajo, Jeneponto, Gowa, Maros, Pangkajene Dan Kepulauan, Bone, Takalar dan Kota Makassar.

"Kalau di Sulsel dampaknya kan ada tingkatannya yakni siaga dan waspada dan yang siaga ini yang harus diperhatikan," lanjut Cia.

Denga hasil ini, pihak BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai kemungkinan banjir yang masih berpeluang terjadi pada Maret dan April 2021.

"Dengan potensi banjir kategori menengah harus diwaspadai pada Maret meski daerah potensi banjir berkurang pada April," tutur Cia. []

Berita terkait
BMKG: Waspada Hujan Ekstrem Tiga Hari ke Depan di Jabodetabek
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi hujan lebat akan terjadi beberapa hari ke depan di Jabodetabek, warga diminta waspada.
Anies Baswedan: Hujan Tinggi di Hulu Penyebab Banjir di Jakarta
Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tingginya curah hujan di hulu menyebabkan banjir yang melanda Jakarta lama surutnya.
56 Titik Pohon Tumbang di Bantul Akibat Hujan Deras
Akibat hujan disertai angin kencang, sejumlah pohon tumbang di Kabupaten Bantul. Berikut 56 titik lokasi pohon tumbang.
0
BMKG: Tujuh Daerah Kategori Waspada Banjir di Sulsel
BMKG memprediksi tujuh daerah di wilayah Sulawesi Selatan berpotensi dilanda cuaca ekstrem. Ini ke tujuh daerah tersebut.