UNTUK INDONESIA

BMKG Sampaikan Data Perkiraan Hilal Penentu Ramadan 2021

BMKG merilis data perkiraan hilal saat Matahari terbenam, pada hari Senin, tanggal 12 April 2021 M sebagai penentu awal bulan Ramadan 1442 H.
BMKG merilis data perkiraan hilal saat Matahari terbenam, pada hari Senin, tanggal 12 April 2021 M sebagai penentu awal bulan Ramadan 1442 H. (Foto: BMKG)

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis data perkiraan hilal saat Matahari terbenam, pada hari Senin, tanggal 12 April 2021 M sebagai penentu awal bulan Ramadan 1442 H.

Informasi diberikan sebagai salah satu tugas pokok dan fungsi BMKG dalam memberikan pelayanan data tanda waktu dalam penentuan awal bulan Hijriah.

Lewat keterangan di laman resminya, BMKG menyoroti keteraturan peredaran bulan dalam mengelilingi bumi, dan bumi dengan bulan dalam mengelilingi Matahari memungkinkan manusia untuk mengetahui penentuan waktu.

Salah satu penentuan waktu adalah penentuan awal bulan Hijriah yang didasarkan pada peredaran Bulan mengelilingi Bumi.

"Penentuan awal bulan Hijriah ini sangat penting bagi umat Islam dalam penentuan awal tahun baru Hijriah, awal bulan Ramadan, hari raya Idulfitri, dan hari raya Iduladha," kata mereka dalam pernyataan resminya, dikutip Tagar pada Sabtu, 3 April 2021.

HilalPetugas Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama Sulawesi Utara mengamati hilal ramadhan 1441 H di Manado, Sulawesi Utara, Kamis, 23 April 2020). (foto: Antara/Adwit B Pramono/aww).

Dalam keterangannya, BMKG menyampaikan informasi yang meliputi Waktu Konjungsi (Ijtima') dan Waktu Terbenam Matahari, Peta Ketinggian Hilal, Peta Elongasi, Peta Umur Bulan, serta Peta Lag.

Ada pula informasi mengenai Peta Fraksi Illuminasi Bulan, Objek Astronomis Lainnya yang Berpotensi Mengacaukan Rukyat Hilal, serta Data Hilal saat Matahari Terbenam untuk Kota-kota di Indonesia.

Informasi dan data perkiraan hilal saat Matahari terbenam, pada hari Senin, tanggal 12 April 2021 M sebagai penentu awal bulan Ramadan 1442 H, dapat dilihat secara untuk melalui tautan https://cdn.bmkg.go.id/web/informasi_hilal_ramadan_1442h.pdf. []

Berita terkait
Buka Ramadan 2021, Yura Yunita Rilis Lagu Tenang
Penyanyi solo wanita asal Indonesia, Yura Yunita, kembali menelurkan karya terbarunya dalam bentuk single yang diberi judul Tenang.
Ajang Akademi Sahur Indonesia Hadir Lagi di Ramadan 2021
Stasiun televisi Indosiar kembali menggelar acara ajang pencarian bakat Akademi Sahur Indonesia (AKSI) pada bulan Ramadan 2021.
Cara Mengecek Jadwal Imsakiah Puasa Ramadan Tahun 2021
Diprediksi NU - Muhammadiyah akan kompak dengan hari pertama puasa 2021 adalah tanggal 13 April. Begini cara mengecek jadwal imsakiah Ramadan 2021.
0
BMKG Sampaikan Data Perkiraan Hilal Penentu Ramadan 2021
BMKG merilis data perkiraan hilal saat Matahari terbenam, pada hari Senin, tanggal 12 April 2021 M sebagai penentu awal bulan Ramadan 1442 H.