UNTUK INDONESIA
BMKG: Potensi Hujan dan Angin Kencang di Surabaya
BMKG Juanda memprediksi cuaca ekstrem ini akan melanda daerah Magetan dan Kabupaten Pasuruan, termasuk Surabaya.
Ilustrasi petir. (ist)

Surabaya - BMKG Kelas I Juanda memprediksi hari ini akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai dengan petir dan angin kencang. Namun, BMKG memprediksi cuaca ekstrem ini akan melanda daerah Magetan dan Kabupaten Pasuruan, termasuk di Surabaya.

Hujan ini akan secara bergantian terjadi dari pagi hingga malam hari. Sedangkan siang hingga sore, cuaca diprediksi berawan dengan hujan lokal hingga hujan lebat. Sementara hujan dengan petir dan angin kencang diperkirakan melanda beberapa wilayah Jatim.

Sementara malam hari, kondisi cuaca juga terjadi hujan lokal yang intensitasnya sedang hingga lebat.

Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Juanda Teguh Tri Susanto memperkirakan, selain dua daerah tersebut, juga ada wilayah lain yang juga diprediksi terkena dampak hujan lebat sekaligus angin kencang, seperti wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, 

Selain itu, kata dia, Kabupaten Tuban, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar juga akan terjadi hujan lebat dan angin kencang.

Selanjutnya Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Pamekasan dan Sampang.

"Sementara malam hari, kondisi cuaca juga terjadi hujan lokal yang intensitasnya sedang hingga lebat. Kondisi ini pun diramalkan terjadi di Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso dan Situbondo," kata Teguh saat dikonfirmasi, Senin 6 Januari 2020.

Di kesempatan yang sama, Teguh mengimbau kepada masyarakat senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Teguh juga meminta masyarakat berhati-hati saat beraktifitas di luar.

"Imbauannya untuk masyarakat Jatim, agar tetap waspada dan berhati-hati. Karena beberapa hari ini cuaca ekstrem akan melanda Provinsi Jatim," imbau Teguh.

Tak hanya itu, Teguh menyebut hujan deras dengan angin kencang juga berpotensi menyebabkan bencana alam seperti banjir, longsor hingga pohon yang tumbang.

"Masyarakat harus waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan cuaca ekstrim seperti potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," harap dia.

Tak lupa, Tegug menyampaikan, untuk masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Juanda Surabaya membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui website dan media sosial lainnya seperti twitter dan instagram. []

Berita terkait
Turis Kolombia Meninggal Digulung Ombak Pantai Kuta
Basarnas menemukan jasad turis asal Kolombia di pesisir pantai, tepatnya di depan Pos 6 Balawista.
Mahfud MD: Banyak Sarjana Masuk Penjara
Menkopolhukam menilai banyaknya sarjana yang masuk penjara karena korupsi akibat tidak diimbangi dengan Sujana atau bijaksana.
Cegah Banjir, Risma Tambah Kapasitas Rumah Pompa
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ingin rumah pompa bisa menyedot habis air yang ada saluran dan Bozem dalam empat jam.
0
Irma NasDem Bingung FPI dan PA 212 Demo di Istana
Politikus Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mempertanyakan Demo FPI dan PA 212 di Istana Negara pada Jumat, 21 Februari 2020.