Bingung Cari Tempat Wisata Keren di Jogja? Cek Deretan Destinasi Berikut

Yogyakarta mempunyai lebih dari sekadar keajaiban mulai dari aneka ragam kuliner khas hingga beragam jenis wisata dan peninggalan sejarah.
Ilustrasi - Yogyakarta. (Foto: Tagar/Pikniek)

Jakarta - Siapa yang tidak ingin pergi berlibur ke Yogyakarta? Jogja mempunyai lebih dari sekadar keajaiban. Mulai dari aneka ragam kuliner khas, sampai beragam tempat bersejarah. Saat berada di Jogja ada beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi.

Tidak perlu heran, jika Jogja menjadi salah satu tujuan wisatawan di Indonesia. Semua keunikan yang ada di berbagai tempat wisata di Jogja, pemandangan alam dan banyak hal lain yang dikemas dalam satu tempat. Untuk bisa sampai di Jogja pun tidak sulit, Anda bisa pesan tiket bus PO Sumber Alam.

Semua tempat wisata ada di Jogja akan terasa menyenangkan jika dikunjungi. Tempat yang terkenal Kota Pelajar ini mempunyai segalanya, baik itu tempat wisata kuliner, budaya, wisata alam, bahkan ada wisata yang kekinian untuk anak muda. Jika Anda baru pertama kali ke Jogja, tempat yang di bawah ini wajib Anda kunjungi.


1. Jalan Malioboro

Anda belum benar-benar ke Jogja jika belum mampir atau paling tidak lewat di jalan Malioboro. Selain untuk membeli oleh-oleh, Anda juga bisa menikmati kuliner di area Malioboro. Apalagi saat matahari tenggelam, banyak warung tenda yang berdiri di tempat ini.


2. Keraton Yogyakarta

Jogja merupakan daerah istimewa yang dipimpin oleh seorang raja. Keraton Yogyakarta ini adalah istana dari raja tersebut, yaitu Sultan Hamengkubuwono X. 

Sejarah panjang tentang kerajaan pun dapat Anda lihat langsung di tempat ini. Ada pemandu yang dapat menemani Anda menjelajahi area Keraton. Tempat ini dibuka pada pukul 08.30 s/d 13.00 WIB, kecuali hari Jumat hanya buka sampai 11.00 WIB.


3. Alun-Alun Selatan

Tempat ini terletak di Selatan Keraton, tetapi masih di area Benteng Keraton Yogyakarta. Berbeda dengan Alun-Alun Utara yang hanya ramai saat acara besar digelar, hampir setiap hari Alun-Alun Selatan ramai dikunjungi wisatawan.

Di sinilah warga dapat refreshing sambil duduk-duduk santai, bermain badminton, atau bahkan hanya untuk sekedar makan-makan di warung. Biasanya semakin sore tempat ini semakin ramai. Selain itu, Alun-Alun Selatan buka 24 jam.


4. Taman Sari

Tempat wisata Taman Sari masih terletak di dalam area Benteng Keraton Yogyakarta, yang katanya dulu merupakan tempat pemandian bagi sultan dan permaisurinya.

Walaupun sudah tidak digunakan lagi, Taman Sari menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi, selain karena pemandangannya yang unik, Anda dapat menelusuri lorong bawah tanah, bukan hanya memiliki nilai sejarah, tetapi juga cocok untuk foto-foto.


5.Tugu Yogyakarta

Tempat wisata kekinian yang tidak boleh dilewatkan salah satunya Tugu Yogyakarta, apalagi jika Anda pertama kali liburan ke Jogja. Biasanya, tempat ini cocok untuk mengambil gambar sekaligus membuktikan kalau Anda betul-betul liburan ke Jogja.


6. Candi Prambanan

Pasti banyak yang tidak asing dengan Candi Prambanan. Tempat ini terletak di Klaten, perbatasan Jogja dan Jawa Tengah. Perlu diketahui, Candi Prambanan pernah menjadi tempat syuting yang dibintangi Lee Seung-gi dan Liu Yi-hao untuk acara TWOgether. Diperkirakan ada 240 candi di area Candi Prambanan, walaupun sekarang hanya tersisa 18 candi.


Destinasi Wisata Jogja yang Belum Terlalu Mainstream

Perlu diketahui, tempat wisata keren di Jogja bukan hanya yang di atas. Faktanya ada beberapa tempat wisata yang cocok banget untuk foto-foto. Simak uraian di bawah untuk mengetahui tempat wisata di Jogja yang masih banyak yang belum tahu.


1. Pulo Payung

Ada yang sudah tahu? Tempat wisata ini tidak begitu jauh dari Kalibiru. Pemandangan yang tersaji menjadi keistimewaan tersendiri. Bahkan, selain Anda dapat menikmati pesona alam Anda juga dapat mengambil gambar dengan latar belakang yang keren.


2. Jurang Tembelan Kanigoro

Tempatnya yang keren jelas dapat dipastikan ponsel Anda penuh karena foto-foto. Lokasi Jurang Tembelan Kanigoro terletak di atas Kebun Buah Mangunan, menjadikannya tempat yang bisa dibilang cocok untuk menikmati pemandangan yang menawan.


3. Watu Goyang

Bukan berarti batunya menari, Watu Goyang letaknya di Cempluk, Jalan Watu Goyang No 1. Banyak hal yang dapat Anda lakukan, selain pemandangannya yang menyegarkan mata, tempat ini juga sangat cocok menjadi destinasi wisata untuk keluarga.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata keren di Yogyakarta, jadi tunggu apalagi? Yuk liburan ke salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta dengan pesan tiket bus PO Sumber Alam, perusahaan yang satu ini mendominasi dunia transportasi dengan menawarkan AKDP atau Antar Kota dalam provinsi, pariwisata, dan Antar Kota Antar Provinsi atau AKAP.

Sumber Alam dapat melayani dengan profesionalitas demi kepuasan konsumen. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa Sumber Alam dari Traveloka. Selain itu, armada Sumber Alam sudah mencapai 400 unit, bus ini pun menyasar kelas menengah bawah dengan beberapa kelas pelayanan.

Tentu tidak heran banyak pengguna yang ingin ke tempat wisata menggunakan Sumber Alam dari Traveloka. []



Berita terkait
PPKM Level 4, Yogyakarta Belum Buka Akses Destinasi Wisata
Hal itu disampaikan Aji untuk merespons banyak wisatawan yang memadati kawasan Malioboro, Yogyakarta, pada Minggu (5/9/2021).
Selama Pandemi Covid-19 Pariwisata Yogyakarta Rugi Rp 10 Triliun
Selama enam belas bulan terakhir, sektor pariwisata mati suri. Aneka pembatasan mobilitas menambah berat beban pelaku industri ini
Berkah Imlek bagi Sektor Pariwisata di Sleman Yogyakarta
Tahun Baru Imlek 2021 rupanya membawa berkah bagi sejumlah objek wisata yang ada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
0
Bingung Cari Tempat Wisata Keren di Jogja? Cek Deretan Destinasi Berikut
Yogyakarta mempunyai lebih dari sekadar keajaiban mulai dari aneka ragam kuliner khas hingga beragam jenis wisata dan peninggalan sejarah.