UNTUK INDONESIA
BIM Padang Hanya Layani Penerbangan Kargo dan Khusus
Gubernur Sumbar mengaku terbantu dengan ditutupnya penerbangan untuk penumpang karena bisa mengendalikan angka jumlah pemudik masuk ke Sumbar.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat meninjau BIM Padang. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - PT Angkasa Pura II (Persero) menutup layananan penerbangan komersil di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Pandang mulai 24 April hingga 1 Juni 2020. Meski demikian, untuk penerbangan kargo dan khusus tetap dibuka.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan dipastikan seluruh penerbangan penumpang berjadwal dan tidak berjadwal sementara waktu tidak dioperasikan. 

Penerbangan khusus dan kargo dibolehkan. Sebab, kita masih menunggu kiriman Alat Pelindung Diri (APD) dengan jumlah banyak dan alat laboratorium penunjang pemeriksaan untuk kebutuhan rumah sakit penanganan Covid-19.

Pelarangan penerbangan sesuai dengan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang pengendalian transportasi selama mudik Idulfitri dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

"Penerbangan khusus dan kargo dibolehkan. Sebab, kita masih menunggu kiriman Alat Pelindung Diri (APD) dengan jumlah banyak dan alat laboratorium penunjang pemeriksaan untuk kebutuhan rumah sakit penanganan Covid-19," kata Irwan, Minggu, 26 April 2020.

Menurut Irwan, penutupan penerbangan sangat membantu Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengendalikan angka jumlah pemudik masuk ke Sumbar. Sekaligus dapat menekan angka penyebaran Covid-19.

"Ke depan kita dapat mengoptimalkan penanganan secara intensif kepada orang sudah terdampak. Mudah-mudahan ke depan selama pelaksanaan PSBB, Sumbar dapat terbebas dari penyebaran Covid-19," ujarnya.

Sementara itu Officer in Charge (OIC) PT. Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau Hendry Zai mengatakan sejak Sabtu, 25 April 2020, penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal sudah dihentikan. Kecuali untuk penerbangan khusus, sehingga untuk penerbangan kemarin tersisa 4 sampai 5 flight sudah parkir di BIM dan tidak ada jadwal penerbangan kembali ke daerah lain.

"Begitu juga hampir diseluruh bandara di Indonesia telah banyak parkir pesawat yang tidak ada penerbangan selanjutnya," ujarnya. [] 

Berita terkait
Balap Liar dan Tawuran di Padang, 80 Orang Ditangkap
Polresta Padang menangkap 80 orang tersebut karena melanggar penerapan PSBB di Kota Padang untuk memutus pandemi Covid-19.
Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadan 2020 Kota Padang
Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada Jumat 24 April 2020. Berikut jadwal imsak dan buka puasa Ramadan 2020 di Kota Padang.
Pemuda Gereja HKBP Padang Bantu APD Tenaga Medis
Pemuda-pemudi Huria Kristen Batak Protestan di Padang turut membantu pengadaan alat pelindung diri bagi tenaga medis.
0
Mengalami Diare Saat Berpuasa, Kok Bisa?
Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban seluruh umat Islam. Hanya saja, ketika berpuasa selalu ada gangguan yang tak terduga.