UNTUK INDONESIA

Berwisata Akhir Tahun? Cek Dulu 13 Pantai di Cilacap Ini

Cilacap memiliki sejumlah obyek wisata pantai, beberapa di antaranya masih asri dan belum terjamah, cocok untuk dikunjungi dalam masa pandemi.
Pantai Teluk Penyu Cilacap menjadi salah satu lokasi konservasi penyu dan menjadi tempat penyu – penyu dari lautan bertelur. (Foto: Tagar/Ist/Pinterest)

Cilacap – Jelang pergantian tahun seperti saat ini, sebagian dari kamu pasti sudah nyiapin rencana buat berwisata akhir tahun. Tempat wisata dengan sirkulasi udara yang terbuka bisa menjadi tujuan di masa pandemi, seperti gunung dan pantai.

Salah satu daerah yang memiliki cukup banyak obyek wisata pantai adalah Cilacap, Jawa Tengah. Di sana kamu bisa memilih kegiatan yang kamu sukai bersama teman atau keluarga, bahkan kekasih hati. Mulai dari memancing, bermain air, menikmati seafood berteman senja, dan kegiatan lain.

Cilacap terletak di selatan Pulau Jawa, menjadi kota perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Berikut 13 pantai yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Cilacap:

1.Pantai Teluk Penyu

Pantai ini terletak di Desa Pandanarang, Kecamatan Cilacap. Penamaan Teluk Penyu karena pantai tersebut menjadi salah satu lokasi konservasi penyu dan menjadi tempat penyu – penyu dari lautan bertelur.

Pantai ini menghadap ke pulau yang menjadi penjara kelas 1 di Indonesia yaitu Nusakambangan. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat menawan dengan laut lepas dan pulau Nusakambangan yang terlihat kecil dari pantai. Tak jarang deretan kapal-kapal nelayan terlihat di kejauhan. Jika beruntung, pengunjung dapat langsung melihat nelayan menurunkan hasil tangkapannya yang melimpah dari kapal.

Ombak di Pantai Teluk Penyu biasanya cukup besar, sehingga disarankan untuk berhati-hati jika ingin bermain air di laut, walaupun sederetan pemecah ombak telah dipasang di sepanjang pantai.

2.Pantai Jetis

Pantai Jetis membentang sepanjang 3 km di Cilacap Timur yang berbatasan langsung dengan Kota Kebumen, Jawa Tengah. Di tempat ini kamu bisa menikmati dua pemandangan eksotis sekaligus, yaitu lautan luas bergelombang besar di sebelah selatan, dan pegunungan batu kapur di sekitar pantai.

Untuk menikmati semua keindahan itu, kamu cukup membayar tiket masuk obyek wisata seharga Rp 5 ribu. Buat kamu yang suka berswafoto dan mengunggahnya di media sosial, pantai ini bisa menjadi pilihan. Pepohonan dan pegunungan yang menjulang di dekat pantai, serta sejumlah fasilitas berupa spot foto instagramable banyak disediakan oleh pengelola, seperti taman payung, saung-saung, dan gardu pandang.

3.Pantai Sodong

Pantai ini terletak di Kecamatan Adipala, Cilacap. Satu hal yang unik dari Pantai Sodong adalah lokasinya terletak di tengah kawasan hutan pinus dan pegunungan yang tinggi menjulang. Tebing pegunungan yang sangat dekat dengan pantai juga menjadi daya tarik utama pantai ini.

Pantai SodongPantai Sodong terletak di tengah kawasan hutan pinus dan pegunungan yang tinggi menjulang. (Foto: Tagar/Ist/Pinterest)

Kalau kamu suka bermain pasir, kamu wajib mendatangi Pantai Sodong. Pasir di pantai ini sangat halus sehingga sangat cocok untuk membuat bangunan pasir bersama buah hati. Selain itu ombak di sini sangat tenang sehingga aman untuk berenang bahkan bagi anak–anak sekalipun.

Untuk menikmati pantai ini pengunjung hanya dikenakan tiket Rp 6.500 saja. Di sini juga tersedia berbagai wahana seperti naik kuda, moto pantai ATV, naik perahu dan spot ayunan bambu untuk berfoto. Saat musim layang-layang tiba, di sini juga kerap digunakan sebagai arena penerbangan layangan raksasa berbagia bentuk.

4.Pantai Parmisan

Pantai ini masih sangat alami dan belum banyak terjamah manusia. Bebatuan dengan lumut hijau dan deburan ombak laut pesisir selatan menjadi keunikan bagi pantai ini. Pengunjung juga dapat berenang di sekitar bebatuan sambil berfoto.

Di pantai ini, rugi rasanya jika tidak mengabadikan foto dengan berenang. Deburan ombak besar laut selatan yang terpecah di bebatuan karang sangat indah untuk diabadikan.

Tapi, akses menuju pantai ini agak sulit, sebab letaknya di Pulau Nusakambangan. Pengunjung harus menyeberang dengan perahu dan menempuh jarak beberapa kilometer dengan bus. Semua itu akan terbayar dengan suasana pantai yang masih asri. Pantai ini sangat cocok untuk melepas penat dengan ramainya manusia dan polusi di perkotaan, terlebih di masa pandemi seperti ini.

5.Pantai Nusakambangan

Terlepas dari kesan penjara menyeramkan di Pulau Nusakambangan, cukup banyak pantai yang memiliki pemandangan menawan dan eksotis di sana. Pantai yang paling terkenal adalah pantai Nusakambangan.

Untuk menuju pantai ini, kamu bisa menyeberang menggunakan perahu dari Pantai Teluk Penyu. Saat tiba di sana, pantai berpasir putih dan bebatuan karang menyambutmu.

6.Pantai Kalipat

Masih di seputaran Pulau Nusakambangan, pantai ini tersembunyi dan masih terjaga keasriannya. Kamu bisa menikmati hamparan pasir putih dengan deruan ombak tenang dan asri tanpa khawatir adanya kerumunan.

Pantai KalipatLokasi Pantai Kalipat tersembunyi dan masih terjaga keasriannya. Kamu bisa menikmati hamparan pasir putih dengan deruan ombak tenang dan asri tanpa khawatir adanya kerumunan. (Foto: Tagar/Ist/Dok steemit.com)

Di sini terdapat banyak tumbuhan dan binatang laut. Kamu nggak perlu menyelam untuk dapat menikmati keindahan biota laut itu. Semuanya dapat dilihat dari permukaan.

7.Pantai Kali Kencana

Pantai ini menjadi pantai yang belakangan sangat digemari oleh wisatawan karena aksesnya yang mudah ditempuh. Hanya butuh 15 menit dari Pantai Teluk Penyu, pemandangan pantai pasir putih dengan hamparan pepohonan di tepi bukit memanjakan mata pengunjung yang datang.

8.Pantai Singkil Karang Pakis

Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih dengan ombaknya yang tenang. Kamu bakal betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini, menikmati keindahan pantai yang bersih ini.

Pantau Singkil Karang Pakis terletak di Desa Karangpakis, Kecamatan Nusawungi, Cilacap. Sebagian warga yang tinggal di sekitar pantai ini, tepatnya di Desa Nusawangi, bekerja sebagai perajin gula merah. Bahkan gula merah dari tempat ini menjadi pemasok terbesar ekspor gula merah di Cilacap.

Kamu bisa sekalian berkunjung ke sana dan melihat langsung proses pembuatan gula merah secara tradisional.

9.Pantai Kemiren

Pantai ini memiliki daya tarik pepohonan rimbun disekitar pantai dan pasir laut hitam yang sangat halus. Di tempat ini pengunjung dapat bermain pasir tanpa khawatir ombak besar menerjang. Kamu juga bisa menikmati keindahan sekeliling pantai menggunakan sepeda atau motor pantai, karena wilayah pantainya yang sangat datar.

10.Pantai Widarapayung

Pantai ini terletak di Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap. Buat kamu yang hobi berselancar atau ingin berkemah, pantai ini merupakan lokasi yang sangat cocok untuk dikunjungi.

Saat berkemah di bumi perkemahan Pantai Widarapayung, kamu sekaligus bisa menyaksikan tumbuhan pandan raksasa dan tanaman liar yang berduri.

Meski berduri, kamu tidak perlu khawatir akan tertusuk jika tidak terlalu dekat dengan tumbuhan ini. Selain itu, tanaman berduri tersebut juga tidak membahayakan.

Hal unik lain dari pantai ini adalah banyaknya pohon pisang di sekitar pantai, yang seperti menggantikan pohon nyiur sebagai tumbuhan khas pantai. Untuk meinkmati itu semua, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3000 per orang.

11.Pantai Kamulyan

Pantai ini biasanya dijadikan tempat berolahraga baik jogging ataupun bersepeda karena pantainya yang panjang dan landai. Selain itu di pantai ini juga tidak banyak kapal nelayan yang besandar sehingga pasirnya lebih bersih. Ombaknya yang besar juga menjadi destinasi favorit untuk berselancar.

Pantai KamulyanGedung Pertamina Cilacap terlihat jelas dari Pantai Kamulyan. Saat matahari terbit, gedung itu diselimuti oleh kabut sehingga seolah berdiri diatas awan. (Foto: Tagar/Ist/Instagram lonely purple)

Jika kamu adalah sorang yang romantis melankolis, pantai ini sangat pas untuk kamu datangi. Sebab pemandangan saat matahari terbiit atau sunrise di sini sangat indah. Kemilau keemasan dari timur akan muncul menemani matahari.

Dari sini kamu juga bisa melihat jelas Gedung Pertamina Cilacap. Saat matahari terbit, gedung itu diselimuti oleh kabut sehingga seolah berdiri diatas awan.

12.Pantai Karang Pandan

Pantai ini menjadi destinansi wisata yang menarik dengan tebing – tebing curam di sekitarnya. Berlokasi di Desa Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, pantai ini masuk dalam kawasan pantai Nusakambangan.

Akses menuju pantai ini lumayan sulit. Selain harus menaiki perahu, kita juga harus melalui jalur tracking yang panjang. Kebanyakan pengunjung yang datang kesini sengaja memilih jalur tracking dengan berjalan kaki karena ingin menikmati pemandangan alam sekitar.

13.Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong berada disebelah pantai Karang pandan. Sehingga, untuk sampai kesini kita dapat disuguhkan pemandangan pantai Karang Pandan sekaligus. Jaraknya yang dekat membuat pengunjung pasti datang ke kedua pantai indah ini. []

(Mia Setya Ningsih)

Berita terkait
Tiga Taman Nasional di Banyuwangi untuk Wisata Keluarga
Banyuwangi, merupakan kabupaten terluas yang ada di Jawa Timur. Berikut, Tagar rangkumkan 3 Taman Nasional yang ada di Kota Banyuwangi.
5 Perayaan Natal Terunik Di Indonesia
Berikut 5 perayaan Natal terunik yang ada di Indonesia.
Wisatawan Pulau Karimunjawa Wajib Rapid Test Antigen
Para wisatawan yang berlibur ke Pulau Karimunjawa diwajibkan untuk melakukan rapid test antigen
0
Berwisata Akhir Tahun? Cek Dulu 13 Pantai di Cilacap Ini
Cilacap memiliki sejumlah obyek wisata pantai, beberapa di antaranya masih asri dan belum terjamah, cocok untuk dikunjungi dalam masa pandemi.