Tiga Taman Nasional di Banyuwangi untuk Wisata Keluarga

Banyuwangi, merupakan kabupaten terluas yang ada di Jawa Timur. Berikut, Tagar rangkumkan 3 Taman Nasional yang ada di Kota Banyuwangi.
Burung Merak di Taman Nasional Baluran. (Foto Tagar/ Instagram @tamannasional_baluran)

Jakarta - Banyuwangi, merupakan kabupaten terluas yang ada di Jawa Timur, tak hanya itu di Pulau Jawa sendiri Banyuwangi juga menjadi kabupaten terluas. Kota Banyuwangi, memiliki segudang keunggulan, diantaranya penghasil ikan terbesar kedua di Indonesia, memiliki suku dan bahasa sendiri serta memiliki beragam budaya dan tradisi. 

Banyak pilihan wisata yang bisa dikunjungi di wilayah ini, tak kalah dengan banyaknya kuliner khas asli Banyuwangi. Bahkan, Banyuwangi juga dikenal sebagai Kota Petualang lantaran beragam objek wisata ada di daerah ini, seperti kawah, pantai, air terjun, owasing, arung jeram. 

Yang paling menakjubkan, kita bisa mengunjungi 3 Taman Nasional sekaligus dalam 1 kota.  Berikut, Tagar rangkumkan 3 Taman Nasional yang ada di Kota Banyuwangi.

1. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas PurwoRusa di Sadeng, Taman Nasional Alas Purwo. (Foto : Tagar/Instagram @tnalaspurwo)

Taman ini berlokasi di 2 Kecamatan, yakni Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Kalipuro, tepatnya di perlintasan Banyuwangi dengan Situbondo. Taman Nasional Alas atau biasa dipanggil dengan TNAP ini mempunyai luas 43.420 hektar dengan ketinggian 322 diatas permukaan Laut. Di Pulau Jawa TNAP merupakan Taman yang memiliki hutan tertua.

Di TNAP, kalian bisa melihat Hutan Bambu, merasakan sejuknya udara dan alaminya hutan yang bisa melepas penat ari kesibukan pekerjaan. Kemudian, kalian juga bisa menemukan 2 pantai diantaranya Pantai Triagulasi dan Pantai Pancur.

Selain itu, di TNAP terdapat juga Sadeng yakni padang savana seluas 84 hektare. Disini, kalian bisa menemukan kawanan Sapi, Banteng, Rusa , dan jika kalian beruntung kalian bisa menemukan kawanan Burung Merak. Jika kalian ingin memasuki Padang Savana atau yang hobi Fotografi, kalian bisa meminta bantuan pemandu.

Sementara dua tempat wisata lain yang ada di TNAP adalah Pura Giri Seloka dan Situs Kawitan, ini merupakan situs peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Selanjutnya, kalian bisa mengunjungi 3 Goa yang bernama Goa Astana, Goa Padepokan dan Gua Mayangkoro.

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran.Savana Bekol Taman Nasional Baluran. (Foto Tagar/ Instagram @tamannasional_baluran)

Taman ini, berlokasi di Desa Wonorejo kecamatan Bayuputih, perlintasan Banyuwangi dengan Situbondo. Taman Nasional Baluran dijuluki sebagai “Little Africa In Java” dengan luas 25.000 hektare.

Di Taman Nasional Baluran terdapat Savana Bekol yang luasnya mencapai 10.000 hektare. Disini kalian bisa melihat padang rumput dengan latar gunung. Kalian juga bisa menjumpai Banteng, Kerbau, Ajag, Kijang, Rusa, Macan Tutul, Kancil, dan Kucing bakau. Jika musim penghujan tiba,  Savana ini akan terlihat hijau dan banyak hewan yang yang berkeliaran sedang makan rerumputan.

Selanjutnya terdapat 2 hutan di Taman Nasional ini, yakni Hutan Evergreen yang subur dan Hutan Musim. Seperti namanya, hutan Musim akan berubah-ubah sesuai dengan musimnya, jika musim penghujan maka munculah hijaunya pepohonan, sedangkan di musim kemarau akan terlihat coklat dan gersang.

Terakhir ada pantai Bama disini kalian bisa main di bibir pantai lantaran ombaknya tidak terlalu kencang, serta melihat kapal berlalu-lalang. Namun, kalian juga harus berhati-hati akan Kera. Sebab, jika dia melihat kalian membawa makanan maka akan diambil. 

3. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru BetiriPantai Sukamade Taman Nasional Meru Betiri ( Foto : Tagar/ Instagram @visitbanyuwangi)

Taman ini berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Bayuwangi, dengan luas wilayah kurang lebih 580 kilometer persegi. Nama Taman Nasional Meru Betiri diambil dari nama Gunung Meru yang memiliki ketinggian 500 mdpl.

Disini, kita bisa menemukan tumbuhan langkang, yakni bunga Rafflesia Zollingeriana, Balanophora Fungosa, bakau, api-api, waru, nyamplung, rengas, dan beberapa jenis tumbuhan obat. Sedangkan untuk hewan kita bisa menemui Kambing Hitam, Kera Ekor Panjang, Ajag (anjing hutan langka asli Indonesia), Penyu dan Lekang.

Taman Nasional Meru Betiri, juga menyuguhkan tempat wisata yang indah diantaranya Pantai Rajegwesi, Pantai Batu, Pantai Sukamade, Teluk Hijau, dan Goa Jepang.

Ketika Anda mengunjungi Banyuwangi, silahkan mengunjungi Taman Nasional tersebut bersama keluarga. [] 

(Handini Nuramelia)

Berita terkait
Mengenal Kampung Budaya Betawi Setu Babakan
Setu Babakan adalah salah satu perkampungan yang berfungsi sebagai area pelestarian Kebudayaan Betawi.
Empat Tempat Terbaik Menikmati Berenang Bersama Ubur-ubur
Berikut empat tempat keren dan menakjubkan berenang bersama dengan Ubur-ubur di Indonesia.
Menapaki Curug Cigamean dengan 2 Air Terjun yang Memukau
Pesona Curug Cigamean semakin indah dengan adanya dua mata air terjun di dalamnya. Udara sejuk dan air yang segar sangat memanjakan pengunjung.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.