Beruang Madu Kedapatan Santap Durian di Kelok 44 Agam

Seekor beruang madu ditemukan warga sedang menyantap durian di kebun warga kawasan Kelok 44, Kabupaten Agam.
Petugas BKSDA Resor Agam memasang perangkap untuk menangkap beruang yang masuk ke perkebunan warga di kawasan Kelok 42, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam. (Foto: Tagar/Dok. BKSDA Resor Agam)

Agam - Seekor beruang madu kembali berkeliaran di kawasan Kelok 44, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Warga memergoki satwa dilindungi bernama latin Helarctos Malayanus itu sedang menyantap durian di kebun warga di kawasan Kelok 42.

Kalau nanti ditemukan, kami akan evakuasi ke kantor BKSDA.

Kabar ini dibenarkan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Ade Putra. Menurutnya, beruang itu ditemukan pada Minggu, 15 November 2020. Namun saat dipergoki, beruang tersebut langsung lari ke tengah hutan.

"Iya benar ada beruang masuk ke kebun warga. Dugaannya beruang ini hewan yang muncul beberapa waktu lalu," katanya kepada Tagar, Senin, 16 November 2020.

BKSDA mengaku telah mengunjungi lokasi tempat beruang itu ditemukan. Pihaknya juga telah memasang umpan dalam perangkap besi di lokasi itu. "Kalau nanti ditemukan, kami akan evakuasi ke kantor BKSDA. Setelah diobservasi, nanti dilepasliarkan lagi ke hutan konservasi," katanya.

Sebelumnya diberitakan Tagar, video seekor beruang madu melintas di kawasan Kelok 44, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, beredar luas di media sosial (medsos). Kabarnya, hewan itu ditemukan di Kelok ke-35 di Kecamatan Matur.

Video beruang madu itu pertama kali diunggah akun medsos Instagram @adiekwahyunaz2503. Video berdurasi 42 detik itu kemudian diposting ulang akun @kaba.bukittinggi melalui @info.sumbar dan telah ditonton sebanyak 21.477 tayangan dengan 38 komentar dan disukai 1.594 netizen.

BKSDA Agam telah melakukan pengecekan ke lapangan di lokasi satwa langka tersebut pertama kali dilaporkan muncul. Dari hasil klafikasi tim BKSDA, beruang itu diketahui muncul di jalan pemukiman warga di Jorong Kuok Tigo Koto, Nagari Matur Mudiak. []



Berita terkait
Warga Solok Selatan Diserang Beruang Madu
Seorang warga Solok Selatan diserang beruang madu.
Viral Video Beruang Madu Melintas di Kawasan Kelok 44 Agam
Penampakan seekor beruang madu di Kelok 44, Kabupaten Agam, viral di media sosial.
Kambing Warga Agam Mati, Diduga Diterkam Beruang
Seekor kambing milik warga Kabupaten Agam diduga mati diserang beruang.
0
27 Juta Suntikan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia
Vaksinasi yang dilakukan pemerintah hingga Senin, 31 Mei 2021, akan mencapai angka 27 juta suntikan vaksinasi