UNTUK INDONESIA

Berbondong-bondong Menuju Kongres Luar Biasa Partai Demokrat

Para kader Partai Demokrat yang setuju Agus Yudhoyono digulingkan, berbondong-bondong menuju kongres luar biasa di Deli Serdang, Sumatera Utara.
The Hill Hotel & Resort Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, disebut-sebut jadi lokasi kongres luar biasa Partai Demokrat, antara tanggal 5-7 Maret 2021, untuk menggulingkan Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: Tagar/Wego)

Jakarta - Para kader Partai Demokrat di seluruh Indonesia yang setuju Agus Harimurti Yudhoyono digulingkan, berbondong-bondong menuju lokasi kongres luar biasa yang dikabarkan berada di The Hill Hotel & Resort Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Hal tersebut disampaikan Ketua Demokrat Medan Burhanuddin Sitepu, Kamis, 4 Maret, 2021, "Saya dengar dari DPP bahwasanya ada sekelompok orang yang menyatakan atau kader-kader Demokrat yang sudah dipecat berencana melaksanakan KLB Luar Biasa. Kita dapat informasi di The Hill Sibolangit."

Burhanuddin mengatakan pihaknya mengirim anggota untuk mengecek ke lokasi dan menemukan ada acara Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI). "Jadi memang benar adanya, tadi kami sudah dapat kabar bukti-bukti petunjuk melalui foto bahwa pihak hotel menyatakan ada acara Gamki Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia. Ada anggota kita yang memonitor ke lapangan dan sekaligus memfoto."

Ia menduga acara GAMKI dijadikan pembungkus pelaksanaan kongres luar biasa Partai Demokrat. "Kayaknya sudah ada kerja sama antara pihak Demokrat yang tidak lagi anggota Demokrat dengan GAMKI ini. Jadi acara Gamki izinnya buat membungkus acara kongres."

Setelah kami cek meminta siapa yamg datang tamu-tamu dari luar kota, ditemukan nama-nama: Jhoni Allen, Nazaruddin, Marzuki Alie, Moldoko, Darmizal, Ahmad Yahya, Max Sopaccua.


AHYKekuasaan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terancam hilang dengan adanya kongres luar biasa Partai Demokrat pada Maret 2021. (Foto: Tagar/Instagram @agusyudhoyono)

Mengenai kader Partai Demokrat yang sudah berbondong-bondong menuju lokasi kongres luar biasa, disampaikan Hencky Luntungan, koordinator forum pendiri Partai Demokrat pendukung kongres luar biasa.

Hencky Luntungan mengatakan kemungkinan kongres luar biasa Partai Demokrat digelar akhir pekan, antara Jumat, Sabtu, dan Minggu, 5-7 Maret 2021. Diikuti 70 sampai 80 persen pemilik suara, dari tingkat Dewan Pimpinan Cabang, Dewan Pimpinan Daerah, hingga organisasi sayap Demokrat.

Walaupun anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Partai Demokrat menyebutkan kongres luar biasa bisa digelar asal ada izin Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Hencky Luntungan mengatakan kongres luar biasa ini adalah legal.

Panitia kongres luar biasa, kata Hencky, sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan kepolisian. Sudah mengantisipasi kemungkinan terjadinya bentrokan antara peserta kongres luar biasa dan kader Demokrat pendukung Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono.

Andi Arief, Ketua Badan Pemilu Partai Demokrat, mengatakan dalam cuitan Twitter, Kamis, bahwa tim Demokrat mendapat informasi agenda di Hotel The Hill Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara. Tim Demokrat sampai di sana, menanyakan agenda kongres luar biasa Partai Demokrat kepada resepsionis, dijawab tidak ada.

Yang ada, kata Andi, adalah kegiatan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) selama tiga hari, yaitu Kamis, Jumat, Sabtu.

"Setelah kami cek meminta siapa yamg datang tamu-tamu dari luar kota, ditemukan nama-nama: Jhoni Allen, Nazaruddin, Marzuki Alie, Moldoko, Darmizal, Ahmad Yahya, Max Sopaccua," kata Andi Arief. []

Berita terkait
Bahas Moeldoko dan KLB Partai Demokrat, Akun Andi Arief Dibajak
Kepala Bappilu DPP Partai Demokrat, Andi Arief, mengaku tidak bisa lagi mengakses akun Twitter miliknya setelah membahas Muldoko dan KLB PD.
Demokrat Bukan Partai Keluarga Agus Harimurti Yudhoyono
Demokrat bukan partai keluarga Susilo Bambang Yudhoyono atau Agus Harimurti Yudhoyono, para kader yang dipecat melakukan perlawanan, mendesak KLB.
AHY Disuruh Turun dari Kursi Ketua Umum Partai Demokrat
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disuruh mengundurkan diri, turun dari kursi Ketua Umum Partai Demokrat. Ujung isu kudeta partai berlambang Mercy.
0
Berbondong-bondong Menuju Kongres Luar Biasa Partai Demokrat
Para kader Partai Demokrat yang setuju Agus Yudhoyono digulingkan, berbondong-bondong menuju kongres luar biasa di Deli Serdang, Sumatera Utara.