UNTUK INDONESIA
Belum Ada Bapaslon Pilkada Mamuju Memenuhi Syarat
Stelah KPU Mamuju melakukan verifikasi syarat calon Bupati dan Wakil Bupati Mauju, belum ada Bapaslon yang memenuhi syarat. Ini penyebabnya.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju, Hamdan Dangkang. (Foto: Tagar/Eka Musriang)

Mamuju - Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju melakukan verifikasi syarat calon Bupati dan Wakil Bupati Mamuju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mamuju 2020, belum ada Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang memenuhi syarat.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang. Menurutnya, semua Bapaslon Pilkada Mamuju 2020 belum ada yang memenuhi syarat karena ada beberapa dokumen B1KWK tidak sesuai format Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 9 tahun 2020.

Kami beri waktu mulai 14 hingga 16 September 2020 untuk melakukan perbaikan.

"Mereka pedomani PKPU nomor 1 tahun 2020, yang seharusnya mereka pedomani adalah PKPU nomor 9 tahun 2020,"kata Hamdan Dangkang, kepada Tagar, saat dikonfirmasi, Minggu 13 September 2020.

Dia mengungkapkan, ke dua Bapaslon diberikan waktu selama tiga hari untuk melakukan perbaikan dokumen yang tidak sesuai dengan PKPU nomor 9 tahun 2020 tersebut.

"Kami beri waktu mulai 14 hingga 16 September 2020 untuk melakukan perbaikan,"katanya.

Sementara itu ketua koalisi Mamuju Keren Bapaslon Siti Sutinah Suhardi bersama Ado Mas'ud, Muhammad Reza mengaku bahwa pihaknya akan segera melakukan perbaikan sesuai dengan PKPU nomor 9 tahun 2020.

"Ada beberapa dokumen B1KWK yang tidak sesuai dengan PKPU nomor 9 tahun 2020 tapi mungkin secara administrasi saja dan ada beberapa berkas yang tidak sempat kami centang,"kata Reza.

Begitu juga dengan sekertaris koalisi Kerakyatan Bapaslon Habsi Wahid bersama Irwan Pababari, Akbar Halid mengungkapkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti segala kekurangan hasil verifikasi KPU Mamuju.

"Kami akan selesaikan sebelum hari terakhir perbaikan yang diberikan KPU Mamuju,"katanya. []

Berita terkait
Perempuan Pertama Pilkada Mamuju Siap Tumbangkan Petahana
Perempuan pertama yang maju sebagai calon Bupati Mamuju, optimis tumbangkan Petahana, Habsi Wahid-Irwan Pababari.
PKS Resmi Usung Sutinah-Ado di Pilkada Mamuju Sulbar
PKS resmi mengusung pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Mamuju, Sutinah-Ado di Pilkada Mamuju.
Bawaslu Waspada Isu Sara di Pilkada Mamuju
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mamasa mewaspadai isu sara dan netralitas ASN pada Pilkada Mamuju.
0
Sebut Monyet di Facebook, Wanita Ini Dituntut Penjara
Seorang wanita yang menulis kata monyet dan ditujukan kepada wanita lainnya via akun Facebook dituntut penjara 1 tahun 6 bulan.