UNTUK INDONESIA
Belasan Anak Keracunan Makanan Ulang Tahun di NTB
Terjadi keracunan massal dalam acara ulang tahun di Desa Dore, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, NTB.
Kondisi korban keracunan massal yang masih menjalani perawatan di Puskesmas Palibelo, Bima, NTB. (Foto: Tagar/Polres Bima)

Bima - Terjadi keracunan massal dalam acara ulang tahun di Desa Dore, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, NTB. Sebanyak 68 orang anak-anak, dan dewasa menjadi korban.

Kepolisian Resor (Polres) Bima menjelaskan, peristiwa itu terjadi di Kampung Nggaro pada Jumat, 14 Februari 2020 pukul 16.00 WITA.

Kejadian bermula saat perayaan satu tahun usia Ulfatun Mutmainnah. Acara ulang tahun anak Subhan Ahmad itu dimulai pukul 15.00 WITA. Undangan pada umumnya adalah anak berumur 3 hingga 10 tahun.

Usai menyantap makanan berupa nasi dengan lauk daging ayam dan mi goreng yang telah disediakan tuan rumah, pada pukul 18.00 WITA, tiba-tiba anak-anak dan sejumlah orang dewasa yang menyantap makanan mengalami mual dan muntah.

Kejadian itu kontan membuat para orang tua panik, lalu membawa anak dan kerabat masing-masing ke Puskesmas Palibelo untuk mendapat perawatan.

Tidak ada korban jiwa akibat keracunan tersebut

Kepala Polres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, menjelaskan bahwa sampai dengan pukul 21.00 WITA kemarin, jumlah korban keracunan dan dirawat di Puskesmas Palibelo sebanyak 68 orang, terdiri dari 65 orang anak-anak dan 3 orang dewasa.

Hingga saat ini para korban masih menjalani perawatan dan belum ada yang dirujuk ke rumah sakit. 

"Tidak ada korban jiwa akibat keracunan tersebut," kata Gunawan, Sabtu, 15 Februari 2020.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka saudara Subhan Ahmad, yang berhajat atas inisiatif sendiri mengamankan diri di Polres Bima diantarkan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Dore," imbuh Gunawan.

Kasus keracunan massal ini masih dalam penyelidikan dari pihak kepolisian.[]

Berita terkait
WNA Tewas di Kolam Gili Trawangan NTB Usai Nyabu
WNA asal Wales, Inggris, Lee David Merchant yang tewas di kolam renang Tropica Hotel Gili Trawangan, Lombok Utara, diduga konsumsi sabu.
Kompor Meledak di Bima NTB, 6 Rumah Hangus Terbakar
Diduga akibat kompor minyak meledak, enam unit rumah di Bima NTB hangus terbakar, pada Senin 6 Januari 2020 pagi.
Tiga Daerah di NTB Buruk Pelayanan Informasi Publik
Komisi Informsih Publik (KIP) NTB menilai ada tiga Pemda di Lombok yang dinilai belum terbuka soal informasih standar pelayanan publik.
0
Sport Tourism Kejurnas Enduro Tak Terganggu Corona
Virus corona tidak mengganggu penyelenggaraan Kejurnas Enduro Championship. Event sport tourism yang mempromosikan wisata ini digelar BOB.