Indonesia
Begini Tahapan Pembekalan 450 JCH Makassar
Sebelum Diberangkatkan, Begini Tahapan Pembekalan 450 JCH di Asrama Haji Sudiang Makassar.
Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sulsel Kaswad Sartono saat memberikan keterangan jelang pemberangkatan JCH di Asrama Haji Sudiang, Sabtu, 6 Juli 2019. (Foto: Tagar/Sahrul Ramadan)

Makassar - Sebanyak 450 Jemaah Calon Haji (JCH) embarkasi Makassar mulai berdatangan memasuki Asrama Haji Sudiang, Sabtu, 6 Juli 2019. Jemaah yang tergabung dalam kloter awal merupakan mereka yang berasal dari Kota Makassar dan sekitarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel), Kaswad Sartono mengungkapkan, sebelum diberangkatkan JCH lebih awal akan mendapatkan sejumlah pembekalan melalui tahapan yang telah di agendakan.

"Setelah penerimaan JCH kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, kemudian di lanjutkan dengan JCH yang belum melakukan perekaman biometrik baru dibawa ke pemondokan masing-masing sebelum di berangkatkan," kata Kaswad di sela kedatangan JCH, Sabtu, 6 Juli 2019.

Artikel lainnya: ASN Jatim Diminta Tidak Bawa HP Saat Manasik Haji

Selanjutnya JCH melanjutkan pembekalan melalui manasik haji. Kemudian dilanjutkan dengan pembekalan dari Kepala Rombongan (Karom) sebelum menempuh perjalanan panjang.

Dari 450 JCH terdapat lima orang pendamping yang diseratakan, ketua kloter, pembimbing ibadah dan tim medis. Sesuai dengan jadwal, JCH di agendakan berangkat pada pukul 17.00 Wita,  Minggu, 7 Juli 2019, besok.

Mereka berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, sebelum mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Namun, mereka dipastikan telah melalui serangkaian proses pemantapan.

"Persiapan yang direncakan lebih awal ini kita harapkan pasti bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," ujar Kaswad.

JCH embarkasi Makassar, lanjut Kaswad bahkan diklaim sebagai salah satu dari sejumlah embarkasi lain di Indonesia yang terbaik. Beragam fasilitas yang disediakan bagi CJH menjadi penunjang utama kenyaman dalam melaksanakan ibadah.

"Intinya kita sudah siapkan semua sudah steril dan besok langsung kita berangkatkan karena persiapannya kita sudah mulai lebih awal. Insya Allah semuanya berjalan dengan lancar sampai dengan pemberangkatan," pungkasnya. []

Artikel lainnya: Yogyakarta Siap Membangun Embarkasi Haji

Berita terkait
0
Ephorus HKBP: Mengasihi Bukan Hanya kepada Seagama
Ephorus HKBP yang tiba di kompleks gereja disambut alim ulama, tokoh Betawi dan para pemuda Betawi yang merupakan warga daerah sekitar gereja.