UNTUK INDONESIA
Begini Jika Ahok Gantikan Jokowi
Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok blak-blakan tentang sejumlah rencana seandainya dirinya menjadi presiden RI.
BTP blak-blak apa yang dilakukan jika menjadi Presiden. (Tagar/Youtube)

Jakarta - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok blak-blakan tentang sejumlah rencana seandainya dirinya menjadi presiden RI.

Hal tersebut dijawab Ahok setelah mendapat pertanyaan dari Seniman Butet Kertaradjasa, yang ditayangkan akun Youtube Butet pada 11 Oktober 2020 lalu. 

"Andaikan Pak Ahok ini punya kesempatan menjadi RI 1, kira-kira apa yang paling signifikan untuk didandani atau direvolusi?," tanya Butet.

Langsung ada pemutihan dosa-dosa lama supaya jangan rezim ke rezim itu, terus menjadikan ini semacam ATF. Siapa yang nggak pernah buat salah, kalau pilkada di Indonesia, siapapun yang ikut harus bisa membuktikan secara terbalik hartanya,

Lalu Ahok mengatakan akan ada 2 hal yang dilakukannya kalau jadi presiden. Pertama, membuka amnesti bagi para pengemplang pajak hingga pelaku korupsi. Hal itu menurutnya perlu dilakukan agar masyarakat dapat memilih mana pejabat yang baik dan korup.

"Langsung ada pemutihan dosa-dosa lama supaya jangan rezim ke rezim itu, terus menjadikan ini semacam ATF. Siapa yang nggak pernah buat salah, kalau pilkada di Indonesia, siapapun yang ikut harus bisa membuktikan secara terbalik hartanya," jawab Ahok.

Lalu masalah Pilkada, Ahok berharap calon-calon pejabat bisa menyampaikan kepemilikan harta secara terbalik. Dia ingin pasangan calon presiden harus jujur dari mana asal harta yang mereka miliki. Sebab, seorang anak koruptor belum tentu akan bersifat seperti orang tuanya ketika menjabat.

Demikian pula dengan para pengusaha dan orang-orang kaya yang duduk di pemerintahan dan tak tak transparan dengan harta kekayaannya.

Ahok berpandangan dengan kekuasaan yang besar, tak sulit bagi seorang presiden untuk membuat semua kekayaan para pejabat negara serta politisi menjadi lebih transparan.

Bongkar asal-usul harta kekayaan serta proses pengampunan setelahnya juga tak dimaksudkan agar kedepan perilaku serupa tak lagi diulangi.

Kedua, Ahok mengatakan akan memperbaiki gaji para pejabat negara. Asalkan, tutur Ahok, mereka diberikan key performance indeks dan dapat menjalankannya dengan baik.

Misalnya masyarakat harus punya jaminan pendidikan, kesehatan hingga perumahan dan pengusaha kecil dan menengah bisa naik kelas jadi pengusaha besar.

"Aparat semua naikkan gajinya, prajurit TNI, Polri kita bisa langsung subsidi langsung ke orang. Caranya bagaimana Anda kalau pergi operasi, pulang dapat diskon 10 persen, bagi yang dua kali perang diskon 20 persen," tandasnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Pelajar Demo Tercatat SKCK, Tengku Zul Bandingkan dengan Ahok
Tengku Zulkarnain bandingkan pelajar demo akan sulit cari kerja dengan Ahok pernah jadi napi jadi komisaris Pertamina.
Ahok Bongkar Proyek Paperless Rp 500 M, Ini Tanggapan Peruri
Peruri menanggapi tudingan Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) soal proyek paperless perusahaan negara itu.
Sudah Tua Alasan Ahok Cabut Laporan Pencemaran Nama Baik
Ahok mencabut laporannya terhadap dua perempuan berusia senja atas kasus pencemaran nama baik.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.