Begini Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget atau Gawai

Apabila gejala kecanduan tersebut dialami anak Anda, Anda harus mengambil keputusan yang tepat untuk mengatasinya.
Gadget (Foto: Tagar/Freepik/Pch.vektor)

Jakarta – Zaman sekarang ini penggunaan gadget dalam kehidupan sulit dipisahkan, mulai dari anak-anak hingga kakek nenek. Memang pengenalan gadget sejak dini tidak ada salahnya selama dalam bimbingan orang tua. Apalagi dikondisi seperti saat ini, gadget wajib digunakan sebagai media pembelajaran.

Namun, jika tidak waspada bukan tidak mungkin anak Anda malah kecanduan pada gadget. Alih-alih bermain dengan teman sebayanya, anak malah keasyikan menghabiskan waktu dengan main gadget. 

Pastikan Anda paham resiko yang ditimbulkan dari penggunaan gadget berlebihan, mengingat usia anak masih perlu belajar dan bermain dengan normal bukan dengan gadget.

Inilah beberapa tips untuk mencegah anak kecanduan gadget.


Batasi waktu dengan gadget

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga dengan bermain gadget. Setiap hari rata-rata anak menghabiskan waktu bermain sekitar 5 jam. Harus diimbangi antara waktu bermain pasif dengan bermain aktif. 

Ketika anak bermain gadget, anak bermain pasif dan tidak melakukan banyak gerakan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengatur waktu 2.5 jam sehari untuk bermain gadget dan 2.5 jam sisanya untuk bermain aktif.


Ajarkan tujuan main gadget

Saat anak masih berusia di bawah 2,5 tahun, Anda harus mendampinginya dan menjelaskan banyak hal tentang jenis permainan atau tontonan yang layak untuk anak. Ketika usia anak 3-5 tahun, Anda bisa mulai mengajak anak belajar dan menikmati hiburan melalui gadget.

Saat memasuki usia sekolah, anak sudah bisa menggunakan perangkat tersebut untuk tujuan yang bermanfaat, seperti: belajar, menikmati hiburan, dan berkomunikasi. Pastikan Anda paham tujuan penggunaan gadget pada anak, agar anak tetap bisa mendapatkan manfaat penggunaan gadget tersebut dengan baik dan positif.


Kenali gejala anak yang kecanduan gadget

Walaupun Anda merasa sudah mengawasi anak menggunakan gadget, bukan tidak mungkin anak bisa mengalami kecanduan gadget. Sebagai orang tua, Anda harus tahu sedini mungkin agar anak tidak sampai mengalami dampak buruk atau pun gangguan kesehatan lainnya akibat kecanduan gadget tersebut.

Gejala kecanduan gadget pada anak bisa dilihat dari: ketika bangun tidur langsung mencari gadget, memegang gadget sepanjang waktu, mata iritasi, tangan kaku, berat badan naik akibat kurang gerak. Pastikan Anda mencermati gejala kecanduan gadget ini dengan cepat, agar dapat melakukan langkah tepat untuk mengatasinya.


Pencegahan yang Tepat

Apabila gejala kecanduan tersebut dialami anak Anda, Anda harus mengambil keputusan yang tepat untuk mengatasinya. Jangan biarkan hal ini, karena akan memberikan dampak yang semakin buruk pada anak. Anda tidak perlu memarahi anak, anda harus menanganinya dengan cara lembut karena lebih efektif.

Anda bisa mulai ajak anak melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan dan menantang buat mereka. Misalnya berkebun, menata kamar tidur, atau jalan-jalan sore di taman komplek. Ini akan membuat anak lebih aktif dan perlahan bisa melupakan gadget.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini
Orang tua perlu menyiapkan dana sedini mungkin dengan perkiraan yang matang, mengingat dana yang dibutuhkan tidak sedikit.
3 Cara Memindahkan Foto dari Kamera Canon ke Handphone
Setidaknya, ada 3 cara yang Anda bisa lakukan untuk memindahkan hasil karyamu dari kamera. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.
Cara Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Handphone
Lakukan pengecekan tagihan listrik secara berkala untuk memonitor serta mengetahui tagihan listrik Anda setiap bulanya.
0
Begini Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget atau Gawai
Apabila gejala kecanduan tersebut dialami anak Anda, Anda harus mengambil keputusan yang tepat untuk mengatasinya.