Begini Bentuk Kepedulian Laskar Panglima Bantul Kepada Penyu

Laskar Panglima sebanyak 50 Tukik di Pantaii Gua Cemara. Hal dilakukan sebagai simbol kepedulian kepada lingkungan.
Laskar Panglima Bantul melepaskan 50 penyu, hal ini dilakukan sebagai simbol peduli terhadap lingkungan dan juga penyu. (Tagar/Kiki Luqmanul Hakim)

Bantul - Puluhan anggota Laskar Panglima secara simbolis melepasliarkan sebanyak 50 tukik di Pantai Gua Cemara, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta sebagai bentuk kecintaan terhadap lingkungan dan kelestarian penyu di laut selatan Bantul atau Samudera Hindia.

"Keberadaan konservasi penyu yang ada di Pantai Gua Cemara sangat mendukung kelestarian penyu karena jika telur dibiarkan menentas secara alami maka hanya 5 persen saja tukik yang bisa selamat sampai ke lautan lepas," kata Pembina Laskar Panglima, Basuki Rahmat disela-sela pelepasliaran tukik di Pantai Gua Cemara, Jumat, 13 November 2020.

‎Laskar Panglima yang merupakan bagian dari tim pemenangan paslon Bupati dan Wakil Bupati Bantul nomor urut 1 ini berharap kepedulian terhadap lingkungan yang ditunjukkan oleh Laskar Panglima dengan melepasliarkan tukik juga sebagai representasi kepedulian paslon Bupati dan Wakil Bupati Bantul nomor urut 1 terhadap lingkungan dan tentunya kepedulian terhadap masyarakat Bantul.

Masyarakat juga dilibatkan, ketika menemukan sarang telur penyu maka langsung diserahkan ke konservasi dan tidak ada yang menjual telur penyu karena kesadaran semakin baik dan sudah mengerti aturannya,

"Kalau dengan lingkungan saja peduli apalagi dengan masyarakat Bantul tentunya sudah lebih peduli," terangnya.‎

Sementara itu ‎Pengelola Konservasi Penyu Mina Raharjo, Pantai Gua Cemara, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Yatiman mengatakan akibat pandemik ‎pantai-pantai yang biasanya sangat ramai pengunjung saat akhir pekan maupun libur panjang menjadi sepi dan banyak pelaku wisatawa harus mengencangkan "ikat pinggang".‎‎

Ketika wisatawan pantai sepi justru membawa berkah tersendiri bagi pengelola Konservasi Penyu Mina Raharjo Pantai Gua Cemara, Kabupaten Bantul yang bergerak dalam pelestarian penyu karena pada masa pandemik ini justru banyak penyu yang naik ke pantai untuk bertelur.

"Sampai bulan November 2020 yang merupakan musim akhir penyu bertelur sudah ditemukan tak kurang 76 sarang telur penyu di Pantai Gua Cemara,"kata Pengelola Konservasi Penyu Mina Raharjo, Pantai Gua Cemara, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Yatiman.‎

Pada tahun 2019 sendiri sarang telur penyu yang ditemukan oleh masyarakat di sekitar Pantai Gua Cemara hanya mencapai 20 an sarang. Hal ini tak lepas dari ramainya pantai oleh wisatawan sehingga membuat penyu tak bertelur di kawasan Pantai Gua Cemara.

"Ya pas pantai sepi banyak penyu yang naik ke pantai untuk bertelur apalagi saat pandemik berlangsung bersamaan dengan musim penyu bertelur,"ungkapnya.‎

Selama tahun 2020 hingga akhir bulan November 2020 sudah lebih dari 4.200 telur penyu sudah menetas di penangkaran telur penyu yang sudah dilepasliarkan dan saat masih ada 3 sarang telur penyu yang belum menetas dan diperkirakan akan ada 200 an telur penyu yang belum menetas.

"Hari ini ada sekitar 50 tukik yang secara simbolis akan dilepas liarkan di Pantai Gua Cemara," ucapnya.

Lebih jauh Yatiman mengatakan keberadaan konservasi penyu juga mendapatkan perhatian dari pemerintah khususnya Dinas Keluatan dan Perikanan DIY serta BKSDA dengan membangunkan kolam untuk pembesaran tukik hingga siap dilepasliarkan.

"Masyarakat juga dilibatkan, ketika menemukan sarang telur penyu maka langsung diserahkan ke konservasi dan tidak ada yang menjual telur penyu karena kesadaran semakin baik dan sudah mengerti aturannya," katanya.‎ []

Baca juga:

Berita terkait
Alasan Bawaslu Bantul, Kunjungi Dua Kubu Peserta Pilkada
Bawaslu Kabupaten Batul kunjungi dua peserta Pilkada 2020. Kunjungan ini bertujuan untuk membangun kemistri antara Bawaslu dan kedua peserta.
Bawaslu Temukan ASN Tidak Netral di Pilkada Bantul
Bawaslu Bantul menemukan sebuah akun media sosial milik ASN yang menunjukan dukungannya terhdap salah satu Paslon.
Penjelasan Bawaslu Bantul Terkait Tugas Kopja di Pilkada
Bawaslu Kabupaten Bantul menyelenggarakan Penandatanganan Pakta Integeritas Komitmen Mematuhi Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak 2020.
0
Sempat Diterpa Badai Seroja, Mensos Targetkan Pemulihan NTT Juni 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini, menargetkan dana bantuan sosial untuk pemulihan NTT yang terkena Badai Seroja dapat disalurkan Juni ini.