UNTUK INDONESIA
Barcelona Terancam Kehilangan Kiper Ter Stegen
Barcelona terancam kehilangan kiper Marc-Andre ter Stegen yang belum menandatangani kontrak baru. Apalagi Bayern Munich sudah mengincar dia.
Barcelona terancam kehilangan kiper Marc-Andre ter Stegen yang belum bersedia menandatangani kontrak baru. Apalagi Bayern Munich sudah mengincar Ter Stegen untuk menggantikan kiper Manuel Neuer. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Barcelona terancam kehilangan kiper andalan Marc-Andre ter Stegen yang belum bersedia menandatangani kontrak baru. Ter Stegen disebut-sebut bakal kembali ke Jerman untuk bergabung dengan Bayern Munich. 

Ter Stegen telah mengukuhkan sebagai kiper yang memberi rasa aman rekan-rekannya. Sempat gagal dalam debutnya setelah direkruit daro Borussia Moenchengladbach pada musim 2014 karena cedera, dirinya kemudian tak tergantikan di bawah mistar Barca. 

Bahkan Ter Stegen memaksa kiper nomor 1 Belanda, Jasper Cilessen, memanaskan bangku cadangan selama tiga musim di Camp Nou. Bagaimana tidak, Cilessen hanya bermain 5 kali selama 2016-19 yang membuat dia tak betah dan akhirnya pindah ke Valencia. 

Sebaiknya, kiper Neto yang didatangkan dari Valencia untuk menggantikan Cilessen pun bernasib sama. Musim ini, kiper asal Brasil tersebut baru sekali dimainkan. 

Konsistensi penampilan yang memang dibutuhkan seorang kiper menjadikan Ter Stegen tak tergantikan di Barca. Ini yang menjadikan klub ingin segera memperbarui kontraknya yang akan berakhir pada 2022. 

Hanya, kiper yang sudah 224 kali bermain selama 6 musim di Barca ini tak ingin tergesa-gesa menandatangani kontrak yang disodorkan kepada dia. Menurut Diario Sport, Bayern sudah mengincar Ter Stegen. Ini menjadikan kiper yang turut membawa Barca memenangi 4 trofi La Liga Spanyol ini memiliki posisi penawaran yang kuat.  

Bayern Ingin Ter Stegen Gantikan Manuel Neuer

Bayern memang berminat pada Ter Stegen yang diproyeksikan menggantikan Manuel Neuer yang usianya sudah di atas 30. Tawaran menggeser Neuer tentu menarik minat Ter Stegen sekaligus untuk membuktikan dirinya pantas menjadi kiper nomor 1 Jerman

Neuer dan Ter Stegen memang bersaing ketat untuk menjadi pilihan pertama di tim nasional. Ter Stegen yang lebih muda jelas unggul kecepatan dan gerak refleks. Kiper berusia 27 ini juga jago dalam duel udara. 

Sementara, Neuer unggul pengalaman dan disebut-sebut tipikal kiper modern yang komplet. Namun kiper berusia 33 ini dinilai lemah dalam kecepatan dan stamina. Dirinya juga kurang konsistensi. Dan ini tidak hanya diungkapkan oleh pandit sepak bola tetapi juga rekan tim.   

Ter Stegen sendiri pernah mengungkapkan kekecewaannya karena hanya menjadi bayang-bayang Neuer di timnas. Dirinya jarang diberi kesempatan menjadi kiper pertama Die Mannschaft oleh pelatih Joachim Loew. Ter Stegen juga menyebut bila dirinya lebih baik ketimbang Neuer. 

Pernyataan itu membuat Bayern meradang. Bahkan petinggi klub mengancam bakal memboikot timnas dengan tidak mengizinkan pemainnya bergabung bila bukan Neuer yang menjadi kiper pertama. Ulah petinggi Bayern langsung mendapat kecaman dari federasi sepak bola Jerman. 

Ironisnya, Kini Bayern malah berharap bisa menggaet Ter Stegen untuk menggantikan Neuer. Namun bukan perkara mudah bagi Bayern untuk membawa kembali Ter Stegen ke Jerman. 

Barca kemungkinan enggan melepas kiper andalannya. Selain itu meski tertarik dengan tawaran Bayern, namun Ter Stegen belum berniat meninggalkan Barca. Menurut kabar, dia hanya merasa kecewa mendapat kontrak lebih kecil dibandingkan pemain lain yang jarang bermain. 

Bila kontrak yang disodorkan termasuk tinggi, tidak menutup kemungkinan Ter Stegen tidak akan meninggalkan Barca. Ini menjadi peluang bagi klub untuk mempertahankan sosok yang juga bisa berperan sebagai sweeper-kiper ini. []

Berita terkait
Ter Stegen Vs Neuer, Rebutan Kiper No 1 Jerman
Kiper Marc-Andre ter Stegen dan Manuel Neuer berebut menjadi kiper nomor satu tim nasional Jerman. Meski bersaing, hubungan mereka tetap baik.
Ter Stegen Jadi Kunci Barca Kalahkan Slavia Prague
Barcelona nyaris dipermalukan Slavia Prague bila tidak ada kiper Marc-Andre ter Stegen yang menjadi kunci kalahkkan Slavia 2-1 di Liga Champions.
Penderitaan Barcelona, Penyelamatan Ter Stegen
Barcelona menderita saat melawan Borussia Dortmund di Liga Champions. Beruntung kiper Marc-Andre ter Stegen gagalkan penalti dan laga imbang 0-0.
0
Barcelona Terancam Kehilangan Kiper Ter Stegen
Barcelona terancam kehilangan kiper Marc-Andre ter Stegen yang belum menandatangani kontrak baru. Apalagi Bayern Munich sudah mengincar dia.