UNTUK INDONESIA
Barcelona Siap Jual Dembele dan Coutinho
Barcelona siap menjual 2 pemain termahal, Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho. Penampilan jeblok mereka membuat Barca memilih melepasnya.
Barcelona siap menjual 2 pemain termahal, Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho. Penampilan jeblok mereka membuat Barca memilih melepasnya. Coutinho sendiri tengah diincar Chelsea (Foto: national.ae)

Jakarta - Barcelona siap menjual 2 pemain termahal, Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho. Penampilan jeblok mereka menjadikan keduanya termasuk kloter pertama yang hendak dilepas Barca. 

Barca harus merogoh kocek sebesar 105 juta euro atau Rp 1,7 triliun dan ditambah bonus 40 juta euro atau Rp 665 miliar saat mendatangkan Dembele dari Borussia Dortmund pada 2017. Ini menjadikan Dembele sebagai pemain termahal kedua di dunia setelah Neymar. 

Di tahun itu pula, Barca menjual Neymar kepada Paris Saint-Germain dengan harga 222 juta euro. Dembele memang diproyeksikan mengambil alih peran Neymar. Bahkan dia mendapat nomor punggung 11. Sama dengan yang dikenakan pemain asal Brasil ini.

Dia mencetak gol yang luar biasa yang hanya bisa dilakukan oleh pemain bertalenta 

Dembele sempat memberi harapan bakal menjadi suksesor Neymar. Pelatih Barca saat itu Ernesto Valverde pun tak segan memujinya.

"Dia mencetak gol yang luar biasa yang hanya bisa dilakukan oleh pemain bertalenta," kata Valverde kepada Four Four Two

Dembele mencetak gol mengesankan di pertandingan melawan Tottenham Hotspur di Liga Champions yang berakhir imbang 1-1. Dia melakukan solo run melewati bek Tottenham dan mengecoh kiper Hugo Lloris sebelum dengan tenang melepaskan tendangan ke gawang yang kosong.

Hanya, Dembele kemudian gagal memenuhi ekspetasi. Pemain berusia 22 ini tak pernah lagi mencapai performa terbaik dan lebih sering mengalami cedera yang membuat dia absen cukup lama. 

Selain itu, kedisplinan Dembele sangat buruk. Dia selalu melanggar aturan diet saat tidak latihan. Ini yang mengakibatkan pemain tim nasional Prancis itu mudah mengalami cedera. 

Musim ini, Dembele hanya bermain 9 kali dari kemungkinan 37 pertandingan. Dari 9 laga itu, dia hanya 3 kali bermain secara penuh. Dembele terakhir kali dimainkan saat menghadapi bekas klubnya, Dortmund pada November 2019. Dirinya hanya bermain selama 25 menit sebelum ditarik keluar karena cedera. 

Ousmane DembeleBarcelona hendak menjual salah satu pemain termahalnya, Ousmane Dembele. Performa buruk dan disiplin yang rendah membuat Barca ingin melepasnya ke klub lain. (Foto: standard.co.uk)

Dari hasil pemeriksaan, dia mengalami cedera otot di bagian paha kanan sehingga harus beristirahat selama 2 bulan. Dembele sempat pulih dan kembali menjalani latihan. Namun dia kemudian kembali cedera. Kali ini, Dembele harus menepi lagi sampai Agustus mendatang. 

Menurut Football Espana, Barca berharap mendapatkan penawaran terbaik untuk Dembele. Hanya, harapan itu tak kesampaian. Barca kemungkinan melepas pemainnya ke Liverpool yang tertarik membeli eks pemain Rennes itu. Namun harga yang disodorkan The Reds memang tidak sesuai harapan Barca. 

Coutinho, Pemain Termahal yang akan Dijual

Sedangkan Philippe Coutinho menjadi pemain mahal klub berikutnya yang segera dijual. Coutinho dibeli Barca dari Liverpool dengan harga 160 juta euro atau Rp 2,6 triliun pada Januari 2018. Ini menjadi pembelian termahal yang dilakukan Blaugrana

Hanya, harga mahal tak berarti apa-apa karena pemain tim nasional Brasil itu gagal total di Camp Nou. Teknik tinggi yang dimiliki dan umpan-umpan magis yang selalu muncul saat masih berada di Anfield seperti tak terlihat lagi. 

Coutinho pun dipinjamkan ke Bayern Munich. Dia pun berharap bangkit. Namun penampilan pemain berusia 27 ini juga tak maksimal sehingga Bayern menolak mempermanenkan Coutinho. 

Meski demikian, pemain yang mengawali karier di Eropa dengan membela Inter Milan ini tetap laris manis. Chelsea ingin membawa dia kembali ke Liga Premier Inggris. Menurut rencana, The Blues akan meminjamnya selama satu musim dan kemudian baru menyodorkan kontrak permanen kepada Coutinho di musim berikutnya. 

Selain Chelsea, dia diminati Manchester United, Arsenal, Everton dan bahkan Leicester City. Manajer Leicester Brendan Rodgers yang pernah menangani Coutinho saat di Liverpool. 

Baik Dembele maupun Coutinho merupakan pemain yang berpeluang lebih cepat terjual. Selanjutnya, Barca akan melepas para pemain lain atau melakukan pertukaran. []

Berita terkait
Gagal ke Chelsea, Coutinho ke Everton atau Leicester
Chelsea memberi kesempatan kepada pemain depan Barcelona Philippe Coutinho untuk bangkit. Eks pemain Barca Rivaldo pun dukung Coutinho ke Chelsea.
Barca Tukar Coutinho dengan Kante, Madrid Gigit Jari
Barcelona ingin merekrut gelandang Chelsea NGolo Kante dan menukarnya dengan Philippe Coutinho. Upaya Barca bisa membuat Real Madrid gigit jari.
Barca Kembali Tanpa Trio Messi, Suarez dan Dembele
Barcelona tak bisa menurunkan skuat terbaik karena Lionel Messi dan Luis Suarez masih absen saat menghadapi Osasuna, Sabtu 31 Agustus 2019.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.