UNTUK INDONESIA
Bara JP: Tunda RKUHP, Jokowi Dengar Aspirasi Rakyat
Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) mendukung langkah Presiden Joko Widodo yang menunda pembahasan rancangan KUHP.
Bara JP Siap Menangkan Jokowi-Ma\'ruf Amin | Viktor S Sirait Pengurus DPP Bara JP sekaligus Ketua Panitia Rapat Umum Relawan Jokowi (kanan) berjalan beriringan dengan Presiden Joko Widodo (kiri). (Foto: Istimewa)

Jakarta - Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) mendukung langkah Presiden Joko Widodo yang menunda pembahasan rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP). Menurut Bara JP, penundaan itu artinya Presiden Jokowi mendengar aspirasi rakyat karena masih ada 14 poin tidak rasional yang justru menuai kontroversi.

"Kami Bara JP melihat penundaan ini karena kepekaan Pak Presiden mendengar suara rakyat. Presiden tak ingin nanti KUHP ini jadi persoalan berkepanjangan," kata Ketua Umum Bara JP Viktor S. Sirait di Jakarta, Senin, 23 September 2019.

Lebih lanjut ia menyampaikan, KUHP ini kelak akan mengatur hampir semua hajat hidup rakyat sehingga perlu dihasilkan KUHP yang bisa diterima semua kalangan dan tidak menghambat kehidupan rakyat.

"Itulah kepekaan Jokowi. Dia tak ingin KUHP ini kelak jadi persoalan bagi rakyat sehingga lebih baik ditunda dulu dan dibahas lebih baik, tak terburu-buru," katanya.

Bara JP juga turut mendukung gerakan mahasiswa yang menolak RKUHP. "Kami mendukung adik-adik mahasiswa menolak revisi tersebut, namun harus rasional, jangan anarkis, dan tidak ada agenda lain," kata Viktor.

Ia mengatakan sebaiknya jika nanti RKUHP tersebut akan dibahas lagi, sebaiknya mahasiswa juga diundang untuk memberi masukan.

"Sebaiknya mahasiswa nanti diberi ruang memberi masukan dalam RKUHP itu dan para stake holder lainnya. Kita berharap pembahasan ini jangan hanya dimonopoli DPR dan pemerintah," ujarnya. []

Berita terkait
Bara JP: Revisi UU KPK Untuk Menguatkan KPK
Bara JP) menyatakan revisi UU Nomor 30 tahun 2002 tentang KPK yang telah disahkan oleh DPR adalah untuk menguatkan KPK.
Bara JP Dukung Jokowi Tolak Usulan DPR Revisi UU KPK
Bara JP mendukung Presiden Jokowi yang menolak usulan DPR terkait revisi UU KPK. Empat poin yang disampaikan Jokowi meneguhkan kekuatan KPK.
Relawan Dukung Jokowi dan Mahasiswa Tolak RKUHP
Komite Penggerak Nawacita mendukung aksi demonstrasi mahasiswa di berbagai daerah yang menolak rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).
0
Man United Gagal Menang, Lallana Selamatkan Liverpool
Manchester United kembali gagal menang setelah ditahan Liverpool 1-1 di laga Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu 21 Oktober 2019.