UNTUK INDONESIA
Banten Masuk Zona Kuning, Tangerang Raya Hijau
Provinsi Banten telah memasuki zona kuning dengan jumlah kumulatif kasus aktif sebanyak 261 kasus. Sementara Tangerang telah masuk zona hijau.
Ilustrasi. (Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Banten - Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Ati Pramudji mengatakan, Provinsi Banten telah memasuki zona kuning dengan jumlah kumulatif kasus aktif sebanyak 261 kasus atau kasus per hari terletak pada kisaran 101-500 kasus.

Dari data yang diperoleh Tagar, saat ini zona hijau sudah ada di 15 provinsi. Zona kuning sebanyak 6 provinsi. Zona orange sebanyak 8 provinsi. Sedangkan zona merah sebanyak 5 provinsi.

Penurunan jumlah meninggal dari kasus ODP dan PDP selama 2 pekan terakhir.

"Alhamdulillah, berdasarkan hasil evaluasi dengan menggunakan 15 indikator kesehatan masyarakat, menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19 berbasis data, untuk Provinsi Banten dan 8 kabupaten/kota sudah berada di zona kuning (Resiko Rendah)," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti di Serang, Rabu, 8 Juni 2020, seperti diberitakan Antara.

Berdasarkan laporan Gugus Tugas Banten, Selasa, 7 Juli 2020, wilayah Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kota Tangerang dan Kota Tangsel, masuk ke dalam zona merah penyebaran Covid-19. 

Pasien positif Covid-19 di zona merah Kabupaten Tangerang yang sembuh sebanyak 234 orang, dirawat berjumlah 32 dan meninggal sebanyak 14 orang. Selanjutnya di Kota Tangsel, pasien yang sembuh ada 258, dirawat 129 dan meninggal 34 orang.

Kemudian di Kota Tangerang, sembuh 395, dirawat 80 dan meninggal 35 orang. Terakhir Kabupaten Serang, yang sembuh sebanyak 47 orang, dirawat 15 orang dan meninggal hanya satu.

Wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Serang dan Kota Cilegon, masuk ke zona orange. Namun, pada Rabu, 8 Juli 2020, telah berubah menjadi zona kuning.

Data wilayah di Banten yang masuk ke dalam zona orange, yakni Kota Cilegon dengan pasien Covid-19 yang sembuh berjumlah 31 orang dan dirawat enam orang. Kemudian Kota Serang, pasien yang sembuh sebanyak 19 orang, dirawat tujuh dan meninggal dua.

Selanjutnya di Kabupaten Lebak, pasien sembuh sebanyak 14 orang, dirawat enam dan meninggal satu. Terakhir Kabupaten Pandeglang, pasien sembuh ada delapan orang, dirawat enam dan meninggal satu.

"Kemudian penurunan jumlah meninggal dari kasus positif selama 2 pekan terakhir dari puncak (target ≥50 persen) dan penurunan jumlah meninggal dari kasus ODP dan PDP selama 2 pekan terakhir," ucap Ati

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, semua ini upaya kerja keras seluruh pihak, baik tim kesehatan yang didukung Polri dan TNI serta berbagai unsur lainnya.

Namun, kata Wahidin, masyarakat yang rentan tetap disarankan di rumah dan menginstruksikan Dinas Kesehatan melakukan penelusuran kontak agresif atau masif pada kasus positif, Orang Dalam Pengawasan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawan (PDP) dengan Swab PCR. []

Berita terkait
Pemprov Banten Siaga Pangan Pada Masa Covid-19
Pemprov Banten menggelar rapat koordinasi tentang kesiapsiagaan bahan pangan pada masa pandemi Covid-19.
Syarat Pernikahan saat New Normal di Lebak Banten
Pernikahan saat New Normal sudah bisa dilakukan di Lebak, Banten. Namun tetap memerlukan syarat-syarat untuk bisa dilakukan. Apa saja?
Gubernur Banten: Pasar Tradisional Perlu Perhatian Khusus
Gubernur Banten Wahidin Halim akan memperpanjang PSSB di Tangerang Raya. Menurut dia, Pasar tradisional perlu perhatian khusus.
0
Banten Masuk Zona Kuning, Tangerang Raya Hijau
Provinsi Banten telah memasuki zona kuning dengan jumlah kumulatif kasus aktif sebanyak 261 kasus. Sementara Tangerang telah masuk zona hijau.