UNTUK INDONESIA
Banser-PP Jaga Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta
Puluhan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan Pemuda Pancasila (PP) turut menjaga berjalannya Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat.
Banser dari GP Ansor diturunkan untuk membantu pengamanan di Gereja Katedral Jakarta pada perayaan Natal 2019, Selasa, 24 Desember 2019. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Jakarta - Puluhan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan Pemuda Pancasila (PP) turut menjaga keamanan Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Selasa, 24 Desember 2019.

Salah satu anggota Banser Tanah Abang, Fikri mengatakan penjagaan pada malam Natal ini merupakan bentuk dari tanggung jawab sosial, untuk saling melindungi umat beragama. Sehingga, ibadah umat Kristiani dia harapkan bisa berjalan dengab lancar.

Ini merupakan tugas sosial kami sesama anak bangsa. Kami disini komitmen untuk menjaga perdamaian untuk siapa pun.

"Kita menjaga keamanan agar menciptakan kedamaian antar umat beragama, karena dasarnya kita semua bersatu," kata Fikri kepada Tagar di depan pintu keluar Gereja Katedral, Selasa, 24 Desember 2019.

Selain itu, Fikri menyebut apa yang dilakukannya saat ini merupakan bentuk kepatuhan kepada komando pimpinan Banser. Sehingga, tidak ada alasan baginya untuk tidak melakukan pengamanan terhadap umat non-muslim yang sedang khidmat beribadah.

"Kita di sini tugas komando dari (pimpinan) atas, jadi ya langsung berangkat tadi dari rumah," kata dia.

Baca juga: Larangan Natal di Sumbar, Demokrat Salahkan Jokowi

Pemuda PancasilaAnggota Pemuda Pancasila menjaga kondusifitas Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta, Selasa, 24 Desember 2019. (Foto: Tagar/Moh. Yaqin).

Menurutnya, ada 32 anggota Banser Tanah Abang yang diterjunkan untuk melakukan pengamanan di Gereja Katedral

Angka di atas belum termasuk Banser dari cabang lain yang jumlahnya ratusan menyebar di berbagai titik gereja di ibu kota.

"Semua dari jam 2 siang berangkat rombongan dari wilayah masing-masing ke sini. Kemudian dibagi di titik-titik pintu gerbang," tutur Fikri yang sehari-hari bekerja sebagai pengemudi ojek online (ojol) ini.

Saat ditanya bagaimana jika mendapat nyinyiran atau komentar negatif dari orang lain karena menjaga gereja. Dia menegaskan tidak ambil pusing dengan cibiran orang yang dengki terhadap Banser.

"Ya ndak mikirin lah. Biar saja," ucapnya seraya tersenyum.

Di sana Banser tidak sendirian. Selain TNI dan Polri, terdapat ormas lain yang juga rela melakukan penjagaan di rumah ibadah yang berhadapan langsung dengan Masjid Istiqlal itu. Mereka adalah Pemuda Pancasila (PP), turut ambil bagian menjaga keamanan gereja.

"Ini merupakan tugas sosial kami sesama anak bangsa. Kami disini komitmen untuk menjaga perdamaian untuk siapa pun," kata Sekretaris Pengurus Ranting Pemuda Pancasila Karang Anyar, Budi Darmawan.

Misa di Katedral JakartaSuasana misa natal di gereja Katedral. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Baca juga: Natal dan Tahun Baru Pertunjukan Teater Bandung Zoo

Budi mengaku mendapat restu keluarganya di rumah, untuk mengisi libur dengan misi tugas yang lebih besar.

"Saya setiap tahun kalau tidak ada urusan yang penting pasti turun (menjaga Misa Natal)," kata dia.

Menurutnya, ada sekitar 30 anggota PP yang diterjunkan ke Gereja Katedral dari pukul 1 siang hingga menjelang malam nanti.

Pada hari ini Selasa, 24 Desember 2019 ribuan jemaat mengikuti misa Natal di Gereja Katedral Jakarta. Seluruh jemaat terlihat hikmat mengikuti proses peribadatan. []

Berita terkait
Jelang Natal Polrestabes Bandung Sterilisasi Gereja
Polrestabes Bandung, mengecek dan sterilisasi gereja jelang Natal di Kota Bandung untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga yang rayakan Natal
Agenda Misa Natal-Tahun Baru di Gereja Katedral
Jadwal lengkap agenda misa Natal di Gereja Katedral Jakarta, hingga Tahun Baru 2020. Pengamanan dilakukan TNI-Polri serta GP Ansor.
Pesan Natal, Ratu Sebut Inggris dalam Ujian Berat
Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris menyampaikan pesan Natal dengan menyebutkan tahun ini penuh gelombang.
0
Deretan Film Bertema Nabi Siap Temani Ramadan 2020
Film-film bertema nabi siap menemani kaum muslim menunggu berbuka puasa id bulan Ramadan.