UNTUK INDONESIA
Banjir di Lombok Barat Mulai Surut
Banjir yang menggenangi beberapa rumah warga di Lombok Barat kini mulai surut, namun warga yang terkena dampat banjir masih menggungsi.
Banjir yang menggenangi umah warga di Lombok Barat kini mulai surut. (Foto: Tagar/BPBD NTB)

Lombok Barat - Sekitar 360 jiwa dari 120 Kepala Keluarga terdampak banjir di Perumahan Bhayangkara, Desa Ranjok, Gunungsari, Lombok Barat. Genangan air setinggi pinggang orang dewasa atau sekitar 120 cm itu pun perlahan sudah mulai surut.

Air perlahan-lahan mulai surut. Masih ada 200 jiwa yang mengungsi ke rumah warga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB pada Senin, 2 Maret 2020 dini hari menjelaskan sebanyak 200 jiwa yang terdampak banjir masih mengungsi ke rumah warga.

"Air perlahan-lahan mulai surut. Masih ada 200 jiwa yang mengungsi ke rumah warga. BPBD masih menyiapkan tenda buat warga mengungsi," ujar Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi BPBD NTB, Ibrahim Kurniawan.

"200 jiwa hasil pendataan oleh tim dan kepala lingkungan. Ada sebagaian yang sudah balik ke rumahnya, ada yang masih khawatir air naik," sambungnya.

Hujan lebat yang turun sejak pukul 14.00 sampai dengan 20.00 Wita, Minggu 1 Maret 2020 itu mengakibatkan meluapnya air sungai di Desa Ranjok dan menggenang ke dalam rumah warga.

Tim gabungan berjibaku mendirikan tenda di sekitar lokasi perumahan dan mendistribusikan paket makanan darurat berupa biskuit serta nasi bungkus kepada warga terdampak banjir.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hingga pukul 01.00 Wita di lokasi brncana masih terjadi hujan. "Sekarang masih gerimis," ucap Kurniawan. []

Berita terkait
Banjir di Lombok Barat, 120 KK Diungsikan
Akibat banjir di Lombok Barat, sebanyak 120 Kepala Keluarga dan 360 jiwa diungsikan ke tempat yang aman.
Banjir Bandang di Lombok Timur Surut
BPBD masih melakukan koordinasi dan upaya penanganan darurat pasca banjir bandang yang terjadi di Lombok Timur.
Dapur Umum untuk Pengungsi Banjir di Lombok Timur
Ratusan warga Malempo di Lombok Timur masih mengungsi pascabanjir bandang melanda. Mereka membutuhkan bantuan.
0
Cara Startup di Bali Bertahan dari Badai Covid-19
Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang paling terkena dampak pandemi Covid-19. Salah satunya adalah perusahaan startup.