UNTUK INDONESIA
Bakal Digeruduk Massa, DWP 2019 Dijaga Ketat Polisi
Polisi memastikan memastikan festival musik elektronik Djakarta Warehouse Project (DWP) 2019 bakal dijaga ketat, menyusul ancaman digeruduk massa.
ilustrasi pasukan gabungan TNI dan Polisi. (Foto: Antara/Nova Wahyudi)

Jakarta - Kapolres Jakarta Pusat Herry Kurniawan memastikan festival musik elektronik Djakarta Warehouse Project (DWP) 2019 bakal dijaga ketat. Pihaknya disebut bakal mengerahkan 597 personil gabungan TNI dan polisi untuk mengamankan helatan yang berlangsung mulai hari ini hingga Minggu, 13-15 Desember 2019, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Selain itu, personel dari Polisi Pamong Praja, unit pemadam kebakaran, dan unit kesehatan juga akan dikerahkan dalam mengawal acara yang mengudang penolakan dari sejumlah ormas tersebut.

"Sekarang kita siapkan gabungan personel TNI dan Polri ada 597 personel. Kita lihat dinamika di lapangan. Yang penting kita ada back up dari pemerintah provinsi," kata Herry di Jakarta, Jum'at, 13 Desember 2019.

"Kita sudah koordinasi dengan penyelenggara, Satpol PP. Nanti ada yang pakai pakaian dinas, pakaian preman, juga dengan panitia," ujar dia.

Sebelumnya, sejumlah ormas menggelar aksi penolakan terhadap acara DWP 2019 di depan Balaikota. Mereka mengancam akan datang ke lokasi acara untuk membatalkan pesta dansa tahunan tersebut jika Gubernur Anies Baswedan enggan mencabut izinnya.

Menanggapi hal itu, Herry mengatakan pihaknya tidak melarang unjuk rasa selama aksi tidak mengganggu lalulintas dan fasilitas umum. Namun jika ada ormas yang menghalang akses pengjunjung masuk maupun keluar dari acara, polisi akan bertindak.

"Kalau blokade itu bukan namanya unjuk rasa," kata Herry.

Pada gelaran ke-11 kali ini, DPW 2019 kembali dihelat di Jakarta, setelah tahun lalu sempat berpindah lokasi di Bali. Penyelenggaraan kali ini juga merupakan kali pertama acara tersebut diadakan selama tiga hari.

Meski kembali mendapat penolakan dari sejumlah organisasi masyarakat (ormas), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung helatan dan memberikan izin penyelengaraan DWP 2019.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Ancam Cabut Izin Acara DWP 2019

Perizinan dikeluarkan menyusul kesepakatan komitmen yang disanggupi oleh panitia penyelenggaraan DWP 2019, yang antara lain berisi pernyatayaan untuk mengikuti segala aturan yang legal dan menghormati nilai budaya yang berlaku.

Termasuk komitmen panitia penyelenggara untuk menjamin acara tersebut bebas dari penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif lainnya. []

Berita terkait
Daftar Lengkap Pengisi Acara Hari Pertama DWP 2019
Sederet penampil dalam dan luar negeri bakal menjadi pengisi acara di hari pertama gekaran Djakarta Warehouse Project (DWP) 2019.
Daftar Lengkap Harga Tiket DWP 2019 di Jakarta
Berikut daftar lengkap harga tiket Djakarta Warehouse Project (DWP) 2019, yang dijual dalam berbagai kategori.
Festival Musik DWP Sumbang Rp 10 M ke DKI Jakarta
Pemda DKI Jakarta tidak menafikan besarnya potensi pajak dari Djakarta Warehouse Project (DWP) yang pada 2017 menyumbang Rp 10 miliar.
0
Cerita Mahasiswa Yogyakarta Ujian Skripsi Online
Bagi mahasiswa di Yogyakarta yang mengikuti ujian skripsi online tidak merasakan ada greget dan ketegangan.