Bahaya! Jangan Mudah Terlena dengan Kemudahan Paylater

Keberadaan sistem ini memberikan kemudahan saat mendesak. Namun, sistem paylater bisa membuat penggunanya ketgihan dan terus memakainya.
Paylater (Foto: Tagar/Freepik/Tirachardz)

Jakarta - Kemudahan demi kemudahan dimunculkan oleh platform jual beli atau virtual money untuk memanjakan penggunaannya. Sistem Paylater adalah sistem pembayaran yang mirip dengan kartu kredit, terdapat batas limit pemakaian maksimal dan jatuh tempo pembayaran. 

Umumnya sistem paylater bisa dibayar sekali atau beberapa kali dengan tambahan bunga.

Keberadaan sistem ini memberikan kemudahan saat mendesak. Namun, sistem paylater bisa membuat penggunanya ketgihan dan terus memakainya. Sebelum kecanduan paylater, perhatikan hal ini.


Biaya Tambahan dan Bunga

Kehadiran Paylater bukan membantu anda untuk membeli barang dengan mudah. Namun, meminta anda untuk beli barang dan membebankan bunga serta biaya tambahan. 

Kalau memang terpaksa menggunakan fitur paylater ini untuk berbelanja, sebaiknya perhatikan bunga dan biaya tambahan. Kalau masih bisa ditutupi dengan gaji anda tidak masalah menggunakannya. Namun, kalau besar dan tidak sebanding dengan harga barang, batalkan segera.


Hidup Menjadi Lebih Konsumtif

Sekali mencoba fitur paylater dan berhasil, jiwa konsumtif akan semakin naik. Apalagi tidak perlu melakukan transfer dan langsung otomatis terpotong dari limit yang diberikan. 

Apa saja bisa dibeli dari hal yang memang penting sampai ke hal-hal yang sebenarnya bisa ditunda. Memakai paylater berulang kali, kemungkinan besar limit maksimal untuk belanja akan naik. Kenaikan limit ini semakin membuat jiwa konsumtif sulit ditahan.


Keuangan Bulanan Terbebani

Kalau pemasukan tetap sama sementara pengeluaran bulanan lebih banyak karena cicilan, anda akan mengalami gangguan dengan keuangan. Selalu ingat, paylater membebankan bunga dan biaya lainnya. Pikirkan dengan baik sebelum membeli sesuatu dengan paylater.


Memakai Paylater di Berbagai Platform

Kalau ada banyak akun paylater dipakai untuk membeli sesuatu, setiap bulan tagihan akan datang dalam jumlah banyak. Kalau mampu membayar tidak masalah. Namun, kalau ada yang menunggak tentu akan merepotkan.


Siap Bayar Denda

Jangan berpikir menggunakan layanan paylater tidak akan terlalu membebani. Apalagi kalau tidak banyak digunakan atau cicilannya ringan. Kalau anda sampai telat membayar, biasa saja akan terkena denda dan akhirnya anda mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu. 

Denda yang harus dibayarkan umumnya bervariasi dan bergantung dengan perjanjian awal. Pastikan untuk membayar cicilan paylater atau tagihan bulan sebelumnya agar tidak terkena denda.[]


(Egy Setya Ramdhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Jangan Takut, Ini 5 Cara Menghadapi Debt Collector Pinjol
Dengan berbagai tawaran menarik dan jaminan yang mudah, peminjam dapat meminjam uang melalui pinjaman online bahkan sampai hitungan juta rupiah.
Blokir 23 Pinjol ilegal, Polda Jabar Targetkan Tangkap Pemodalnya
Kasus ini diungkap etelah adanya laporan dari seorang korban yang terintimidasi oleh cara penagihan pinjol itu.
Daftar Aplikasi Pinjol yang Memiliki Bunga Rendah
Tagar merangkum lima aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK dengan bunga dibawah 2 % perbulan.
0
Bahaya! Jangan Mudah Terlena dengan Kemudahan Paylater
Keberadaan sistem ini memberikan kemudahan saat mendesak. Namun, sistem paylater bisa membuat penggunanya ketgihan dan terus memakainya.