UNTUK INDONESIA
Bahar Smith Dipindah ke Nusakambangan Akibat Massanya
Bahar bin Smith dipindahkan dari Lapas Gunung Sindur ke Lapas Klas I Batu Nusa Kambangan. akibat ulah massa simpatisan pendakwah itu.
Bahar bin Ali bin Smith (tengah) di Direktorat Kriminal Umum Polda Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/12/2018).(Foto: Antara/Raisan Al Farisi)

Jakarta - Bahar bin Smith dipindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur ke Lapas Klas I Batu Nusa Kambangan. Bahar dipindahkan lantaran massa simpatisan pendakwah itu berkerumun dan mengganggu keamanan Lapas Gunung Sindur.

Kuasa hukum Bahar Smith, Aziz Yanuar, mengatakan kliennya sudah dipindahkan di Lapas di Jawa Barat ke Jawa Tengah. "Sudah dipindah di Lapas Batu Nusakambangan," ujar Aziz kepada Tagar, Rabu, 20 Mei 2020.

Simpatisan yang memaksa ingin mengunjungi Habib Bahar.

Pemindahan Bahar Smith lantaran massa pimpinan Pondok Pesantren Tajul Aliwiyin tersebut mengganggu ketertiban di Lapas Gunung Sindur diterangkan Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Rika Aprianti.

Massa itu berkerumun di Lapas Gunung Sindur karena tidak terima Bahar Smith kembali mendekam di penjara pada Selasa dini hari, 19 Mei 2020.

"Simpatisan yang memaksa ingin mengunjungi Habib Bahar, berkerumun berteriak teriak, dan melakukan tindakan provokatif yang menyebabkan perusakan fasilitas negara berupa pagar lembaga pemasyarakatan," ucap Rika melalui keterangan persnya yang diterima Tagar, Rabu, 20 Mei 2020.

Rita mengatakan kerumunan massa tersebut rentan terhadap penyebaran virus corona serta telah melanggar protokoler kesehatan penanganan Covid-19 di Bogor yang kini menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Merujuk pada kondisi tersebut, Kalapas Khusus Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat, yang selanjutnya disetujui oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, untuk Bahar Bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Kelas I Batu Nusakambangan," katanya.

Pemindahan Bahar Smith dilakukan pada Selasa malam, 19 Mei 2020 malam. Pengawalan ketat dari pihak kepolisian dan jajaran pemasyarakatan sesuai Standar Operasional (SOP) yang ada.

"Pemindahan tidak ada maksud lainya, selain demi kepentingan pengamanan dan pembinaan untuk yang bersangkutan, yang merupakan konsekuensi dari pelanggaran terhadap asimilasi yang diberikan," tutur dia. []

Berita terkait
Siap-siap FPI akan Protes Bahar Smith Kembali Dipenjara
FPI akan mengajukan protes kepada Ditjen Pas Kemenkumham setelah program asimilasi Bahar bin Smith dicabut. Pendakwah itu kini kembali dipenjara.
Langgar Asimilasi, Bahar Smith Masuk Penjara Lagi
Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mencabut program asimilasi yang diterima oleh narapidana Habib Bahar Bin Smith pada 19 Mei 2020.
Bahar Smith Bebas Asimilasi: Terima Kasih Rizieq Shihab
Terpidana kasus penganiyaan Bahar bin Smith bersyukur bebas dari penjara lantaran asimilasi Kemenkumham. Dia berterimakasih ke Rizieq Shihab.
0
Sinopsis Film The Hook Up Plan, Persahabatan Menghadapi Cinta
Film The Hook Up Plan yang tayang di Netflix merupakan serial yang mengangkat kisah tentang persahabatan.