Bacaan Niat dan Tata Cara Shalat Jumat

Sholat jumat juga disebut wajib bagi kaum laki-laki dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Dawud, Daruquthni, Baihaqi dan Hakim:
Pria Kashmir melaksanakan salat di dalam Masjid Jamia atau Masjid Agung di Srinagar DI Kashmir yang dikuasai India, 13 November 2021 (Foto: voaindonesia.com - AP/Mukhtar Khan)

Jakarta – Mengerjakan shalat jumat hukumnya fardhu 'ain atau wajib bagi laki-laki yang beragama Islam, terutama yang tidak mempunyai halangan atau uzur. Hukum mengerjakan sholat Jumat adalah wajib bagi setiap laki-laki Muslim.

Tercantum dalam Surah Al Jumuah ayat 9:

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk menunaikan sholat jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah SWT dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al Jumuah : 9)

Sholat jumat juga disebut wajib bagi kaum laki-laki dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Dawud, Daruquthni, Baihaqi dan Hakim:

Artinya: Sholat Jumat itu wajib bagi setiap muslim dengan berjamaah kecuali empat orang: budak, wanita, anak-anak atau orang yang sakit. (HR. Abu Dawud, Daruquthni, Baihaqi dan Hakim)

Shalat jumat adalah salat yang dilakukan pada waktu Zuhur di hari Jumat dengan cara berjamaah disertai dua khutbah. dilakukan sebanyak dua rakaat.

Niat sholat jumat:


اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

“Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.”

Artinya: Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi makmum, karena Allah ta'ala.


Tata cara shalat jumat : Disunahkan untuk memotong kuku, mandi besar, keramas, sikat gigi­, bercukur, memakai parfum sebelum berangkat, mendengarkan khutbah, iqamah muadzin akan mengumandangkan iqamah pertanda salat Jumat akan segera dimulai, baca niat shalat jumat, takbiratul ihram hingga salam, dan setelah shalat jumat selesai disunahkan untuk berzikir dan berdoa kepada Allah SWT.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Bacaan Wirid dan Susunan Doa Setelah Salat Wajib
Wirid merupakan rangkaian doa yang dipanjatkan setelah salat wajib atau yang biasa disebut zikir.
Tata Cara dan Doa Tayamum, Lengkap dengan Artinya
Namun ditempat yang sumber air terbatas atau kering, maka dapat melakukan tayamum penggantu wudhu.
Doa Agar Diberikan Kemudahan dan Kelancaran Segala Urusan
Dalam agama Islam, doa melengkapi daya dan upaya agar apa yang sedang kita kerjakan bisa diberikan kemudah serta kelancaran.
0
Melihat Epiknya Momen Malam HUT DKI Jakarta Lewat Lensa Galaxy S22 Series 5G
Selain hadir ke kegiatan-kegiatan yang termasuk ke dalam agenda perayaan HUT DKI Jakarta, kamu juga bisa merayakannya dengan jalan-jalan.