Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Al Quran

Selain itu, sebelum membaca Al Quran dan sesudah membaca Al Quran juga dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu.
Berdoa Sebelum dan Sesudah Membaca Al Quran (Foto: Tagar/Pixabay/Ali Burhan)

Jakarta – Membaca kitab suci Al Quran merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh umat muslim. Didalam Al Quran terdapat berbagai petunjuk untuk kehidupan baik di bumi maupun di akhirat.

Karena membaca Al Quran satu hurufnya diganjar dengan satu kebaikan dan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan. Seperti yang disebutkan dalam hadis:

"Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: "Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf. (HR. Tirmidzi )

Sebelum membaca Al Quran kita harus suci dari hadast baik itu hadas kecil maupun hadas besar, untuk bersuci dari hadas kecil tentu saja dengan berwudhu sedangkan untuk bersuci dari hadas besar dengan mandi junub.

Selain itu, sebelum membaca Al Quran dan sesudah membaca Al Quran juga dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu.


Doa Sebelum Memabaca Al Quran:

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

“Allohummaftah 'alayya hikmataka wansyur 'alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi”

Artinya : Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.


Doa Sesudah Membaca Al Quran:

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Allahummarhamnii bil qur'aani. waj'alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa'allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj'alhu lii hujjatan yaa robbal 'aalamiina.”

Artinya : Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Aldi Taher Singgung Dinar Candy: Mending Baca Alquran
Artis sensasional Aldi Taher turut berkomentar perihal kasus yang dialami model seksi Dinar Candy. Aldi pun merasa prihatin.
MPR: Sanggar Al-Quran Penting untuk Siapkan Generasi Penerus
MPR RI Hidayat Nur Wahid mengatakan keberadaan Sanggar Al Quran di Indonesia sangat penting karena bermanfaat mempersiapkan generasi penerus.
Daniella Kharisma Mualaf Karena Kesempurnaan Al Quran
Daniella menemukan jawaban atas masalahnya yaitu saat melihat cerita Nabi Muhammad dan memuji keberadaan Al Quran yang menyempurnakan hidupnya.
0
Penduduk Asli Pertama Amerika Jadi Bendahara Negara AS
Niat Presiden Joe Biden untuk menunjuk Marilynn “Lynn” Malerba sebagai bendahara negara, yang pertama dalam sejarah Amerika Serikat (AS)