Indonesia
Babar Bahagia, Program Kesehatan Gratis Ibu Hamil di Tangerang
Sebuah keluarga di Tangerang menunjukan Akte dan Kartu Keluarga dari pelayanan kesehatan Babar Bahagia. Babar Bahagia adalah singakatan dari program Bayi dan ibu cageur, Bawa Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Indonesia Sehat di Kota Tangerang. (Foto: Ist.)

Tangerang, (Tagar 20/11/2017) - Untuk melayani kesehatan ibu hamil dan membantu proses persalinannya, Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyediakan program bernama Babar Bahagia.

Layanan kesehatan ini pun gratis. Mereka hanya perlu melengkapi berkas yang diminta seperti foto copy Surat Nikah, dan Kartu Keluarga, bahkan mereka akan mendapatkan akte kelahiran dan Kartu Keluarga yang baru.

"Ini adalah bagian dari upaya pemkot memberikan layanan kesehatan yang paripurna dan mewujudkan Kota Sehat. Masyarakat yang mendapat pelayanan ini tidak dipungut biaya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi di Tangerang, Senin (20/11).

Sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2017, setidaknya sudah

182 keluarga, merasakan program Babar Bahagia. Dengan lokasi yang terjangkau dan sarana yang mendukung di puskesmas, diharapkan dapat menekan angka kematian ibu dan anak di lingkungan pemukiman.

"Proses persalinan yang seluruhnya dilaksanakan di Puskesmas, telah banyak membantu ibu hamil dalam melahirkan dan kemudahan dalam mendapatkan berkas berupa akte kelahiran dan keluarga," pungkasnya. (nhn/ant)

Berita terkait
0
Ephorus HKBP: Mengasihi Bukan Hanya kepada Seagama
Ephorus HKBP yang tiba di kompleks gereja disambut alim ulama, tokoh Betawi dan para pemuda Betawi yang merupakan warga daerah sekitar gereja.