Awal Tahun 2022, Samsung Kenalkan Exynos 2200

Samsung kembali kenalkan produk terbarunya di awal tahun 2022. Pasalnya, Samsung resmi memperkenalkan mobile processor Exynos 2200.
Ilustrasi - Prosesor Samsung Exynos 2200. (Foto: Tagar/Samsung Newsroom Indonesia)

Jakarta - Samsung kembali kenalkan produk terbarunya di awal tahun 2022. Pasalnya, tepat di bulan ini, Samsung resmi memperkenalkan mobile processor Exynos 2200 kepada publik.

Berharap mampu memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya, Exynos 2200 dibuat dengan proses extreme ultraviolet lithography (EUV) 4-nanometer yang dikombinasikan dengan teknologi GPU, seluler, dan NPU terakhir.

Di samping itu, prosesor modern ini diketahui telah dirancang dengan Samsung Xclipse graphics processing unit (GPU) berbasis AMD RDNA 2 dengan core CPU berbasis Arm dan neural processing unit (NPU) yang telah ditingkatkan. 

Hal tersebut memungkinkan para penggunanya untuk menerima pengalaman terbaik yang Samsung berikan saat bermain game, berseluncur di aplikasi media sosial, dan fotografi.

“Selain menghadirkan pengalaman seluler terbaik kepada pengguna, Samsung akan melanjutkan upayanya untuk memimpin perjalanan dalam inovasi logic chip,” ujar President of System LSI business Samsung Electronics Park Yongin dalam siaran pers “Samsung Introduces Game Changing Exynos 2200 Processor With Xclipse GPU Powered By AMD RDNA 2 Architecture” di situs resmi Samsung Newsroom, dilihat, 20 Januari 2022.

Dengan arsitektur AMD RDNA 2 yang dimiliki sebagai tulang punggung, Xclipse pada prosesor ini membawa fitur grafis yang canggih, seperti ray tracing diakselerasi dan variable rate shading yang hanya sebelumnya hanya ada di laptop, konsol, dan PC.

Lewat kolaborasinya dengan AMD, Samsung berhasil mewujudkan ray tracing yang mampu menawarkan grafis dan pengalaman impresif di perangkat seluler. 

Sementara itu, pada variable rate shading-nya, Samsung menghadirkan pilihan lebih banyak ruang GPU untuk bekerja di area-area penting perangkat seluler dan peningkatan frame-rate dalam gameplay-nya.

Bahkan, Exynos 2200 diketahui juga hadir dengan integrated secure element (iSE) yang tidak hanya berfungsi sebagai root of trust (RoT) saja, namun juga untuk menyimpan kunci kriptografik. Sementara itu, untuk HW enkripsi inline UFS dan DRAM-nya, Samsung telah memperkuat enkripsi data pengguna dengan hanya dibagikan dalam domain yang aman.

Lebih lanjut, dalam pengalaman visualnya, Samsung memberikan gambar yang berkualitas dengan arsitektur image signal processor (ISP) yang didesain ulang guna mendukung sensor gambar ultra high resoluition hingga 200 MP dan resolusi hingga 4K HDR atau 8K untuk perekaman videonya.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Bagaimana Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang?
Masalah ini bisa diatasi dengan cepat jika waktu kehilangan ponsel belum lama.
Mengubah 3 Pengaturan Ini Akan Maksimalkan Kinerja Ponsel Android
Yang terpentinhg adalah pengaturan untuk meningkatkan masa pakai baterai.
Inilah 5 Mitos Tentang Ponsel
Begitu banyak mitos yang bermunculan tentang ponsel, ada beberapa yang benar, tapi banyak juga yang hanya sekedar mitos belaka.
0
Awal Tahun 2022, Samsung Kenalkan Exynos 2200
Samsung kembali kenalkan produk terbarunya di awal tahun 2022. Pasalnya, Samsung resmi memperkenalkan mobile processor Exynos 2200.