Samsung, Hyundai, dan Pemerintah Korsel Berkolaborasi Bikin Chip Mobil

Samsung dan Hyundai dikabarkan sedang mengembangkan semikonduktor super efisien melalui kerjasama dengan menggandeng pemerintah Korea Selatan.
Ilustrasi Samsung dan Hyundai. (Foto:Tagar/Ist)

Jakarta – Samsung dan Hyundai dikabarkan sedang mengembangkan semikonduktor super efisien, chip manajemen baterai, sensor gambar, dan prosesor aplikasi untuk sistem hiburan dalam mobil. Hal ini dilakukan melalui kerjasama antara keduanya dengan menggandeng pemerintah Korea Selatan dengan tujuan untuk mengatasi kekurangan chip yang merupakan satu komponen dalam pembuatan mobil.

Kerjasama ketiga pihak ini, juga melibatkan Institut Teknologi Elektronik Korea Selatan, Institut Teknologi Otomotif Korea, serta Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi. Industri otomotif setempat akan penerima manfaat utama dari kolaborasi baru ini. Menurut laporan Gizmochina, mereka juga akan menerima dampak secara global bila kemitraan itu berhasil.

Logo HyundaiHyundai raih pendapatan bulanan terendah akibat virus corona. (Foto: Reuters/Stephen Lam)

Terkait kerjasama ini, semua pihak sadar bahwa pasar semikonduktor otomotif tidak menguntungkan seperti yang ada pada produk seluler. Sehingga kolaborasi tersebut bertujuan untuk menghasilkan keuntungan jangka panjang. Samsung Electronics dan Hyundai pun, menyadari fakta bila mereka mungkin tidak memperoleh keuntungan besar sejak awal.

Sementara soal keterlibatan pemerintah Korea Selatan dalam proyek ini, tak lain lantaran negeri gingseng ingin menjadi lebih mandiri, terutama pada bidang semikonduktor otomotif. Samsung sendiri berencana mengembangkan produk semikonduktor otomotif berkinerja tinggi berdasarkan wafer 12 inci daripada mengandalkan wafer 8 inci seperti industri lainnya.

Logo SamsungLogo Samsung

Adapun saat ini, sejumlah pabrikan otomotif sedang mengalami kelangkaan chip yang membuat produksi mobil mengalami gangguan. Kelangkaan ini, juga dialami oleh merek-merek besar asal Jepang yakni Honda, Mitsubishi, Nissan, dan Toyota. []

Berita terkait
Profil Pendiri Samsung Lee Byung-chul, Anak Tuan Tanah Kaya Raya
Samsung asal Korea Selatan didirikan oleh Lee Byung-chul dari keluarga kaya raya pemilik tanah, berikut profil lengkap pendirinya.
Mobil Hyundai Santa Fe 2021 Mengaspal dengan Empat Varian
Perusahaan otomotif Hyundai resmi meluncurkan facelift untuk SUV Santa Fe model tahun 2021 dengan empat varian.
Modem Qualcomm Rentan, Samsung Rilis Patch Keamanan Terbaru
Samsung, mengumumkan telah mengetahui kerentanan pada modem Qualcomm dan telah merilis patch keamanan untuk sejumlah perangkatnya.
0
Gara-gara Ulah Istri Dubes Belgia di Korsel Ditarik Pulang
Belgia akan menarik pulang duta besarnya untuk Korsel di tengah kemarahan publik atas tuduhan serangan istrinya terhadap dua karyawan toko di Seoul