UNTUK INDONESIA
Awal Mula Sekeluarga di Secang Magelang Kena Corona
Satu keluarga di Secang, Kabupaten Magelang, positif terpapar virus corona. Kepala keluarga diketahui kerap luar kota.
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menjelaskan riwayat satu keluarga di Semarang terpapar virus corona. (Foto: Tagar/Solikhah Ambar Pratiwi)

Magelang - Seorang pria, warga Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, yang diketahui berprofesi sebagai sopir dinyatakan positif terpapar virus corona. Tidak hanya ia sendiri, empat orang anggota keluarganya tertular dan juga turut dinyatakan positif Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan total ada lima orang dalam satu keluarga ini yang positif corona.

"Angggota satu keluarga yang positif kemarin, notifikasinya sore, masuk data Dinas Kesehatan (Dinkes) terhitung hari ini," ujar Nanda, Minggu, 26 April 2020.

Sebelumnya, Nanda menyebutkan bahwa angka konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang bertambah 10 orang per Sabtu, 25 April 2020. Yakni lima orang dari kluster Gowa dan lima lainnya merupakan satu keluarga.

Informasi dari Dinkes, kepala keluarganya adalah seorang driver dan sering keluar kota.

Satu keluarga yang positif tersebut terdiri dari tiga orang anak dan sepasang suami istri. "Informasi dari Dinkes, kepala keluarganya adalah seorang driver dan sering keluar kota," tutur Nanda.

Berdasarkan data dari Dinkes, kepala keluarga tersebut memiliki riwayat kontak yang tidak jelas. Pria tersebut tinggal serumah dengan istri dan ketiga anaknya di Kecamatan Secang.

"Kepala keluarga tersebut ada keluhan nyeri kepala dan batuk, kemudian sempat dirujuk di RSUD Tidar. Sementara istri dan anak kehilangan indra penciuman," ujarnya.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Magelang yang menerima laporan kasus ini kemudian melakukan rapid test pada keluarga tersebut. "Hasilnya positif. Kemudian ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab, hasilnya positif juga," katanya.

Sejauh ini, sekeluarga tersebut tengah dirawat intensif di ruang isolasi RSUD Muntilan. "Untuk saat ini, mereka dirawat di RSUD Muntilan," kata Nanda.

Sementara itu, hingga Minggu, 26 April 2020, pukul 15.00 WIB, jumlah terkonfirmasi positif di Kabupaten Magelang, bertambah satu lagi. Yakni warga Kecamatan Secang. "Sehingga total hingga saat ini, terkonfirmasi positif ada 18 orang," ujar dia.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 17 orang, orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 92 orang, konfirmasi positif 18 orang.

"Untuk yang terkonfirmasi positif, hingga kini ada 18 orang. Lima di antaranya menjalani isolasi mandiri yang diawasi secara ketat oleh petugas kesehatan. Sedangkan yang lain, dirawat di beberapa rumah sakit, seperti di RSUD Tidar, RST dr Soedjono, RSJ Prof Soerojo dan RSUD Muntilan," ucap Nanda. []

Baca juga: 

Berita terkait
Lima Alumni Ijtima Gowa Tambah Kasus Corona Magelang
Dari 10 pasien baru positif corona Kabupaten Magelang, lima di antaranya pernah ke Ijtima Ulama di Gowa, Sulawesi Selatan.
2 Pasien Corona Kota Magelang Pernah ke Gowa Sembuh
Pernah ke Gowa untuk ikut acara Ijtima Ulama, pulang, positif corona, dua warga Kota Magelang akhirnya sembuh.
Riwayat 2 PDP Corona Magelang Meninggal di Hari Sama
Dua PDP meninggal dunia di Kabupaten Magelang punya riwayat kontak dan perjalanan yang beda.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.