Jakarta - Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut terdakwa Ratna Sarumpaet enam tahun penjara. Sebagai anak, Atiqah Hasiholan berharap Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis bebas ibunya.

"Ya, (berharap) bebas," kata Atiqah di PN Jakarta Selatan dalam sidang pembacaan putusan, dikutip dari Antara, Kamis, 11 Juli 2019.

Kendati demikian, Atiqah tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai harapannya itu dan langsung masuk ke ruang khusus tahanan di PN Jaksel untuk menemani ibunya.

Sejak Ratna ditetapkan sebagai tersangka kemudian ditahan di Polda Metro Jaya hingga disidang di PN Jaksel, Atiqah kerap mendampingi ibunya itu menjalani proses hukumnya.

Dalam sidang pembacaan putusan, Atiqah datang lebih awal dibandingkan dengan Ratna yang tiba di PN Jaksel pada pukul 09.00 WIB. Atiqah terus mengikuti Ratna Sarumpaet masuk ke ruang sidang utama dan duduk tepat di barisan pertama kursi yang diperuntukkan untuk masyarakat umum.

Setibanya di ruang sidang, Ratna tidak banyak menoleh ke anaknya, melainkan memilih meladeni permintaan awak media yang ingin mengambil gambar.

Sementara Ratna disibukkan dengan permintaan para pewarta foto, Atiqah memilih untuk membaca koran dan melayani swafoto beberapa pria yang duduk di sebelahnya. Atiqah ke luar dari ruang sidang saat hakim membacakan pertimbangan putusannya.

Baca juga: